pulsa-logo

Canon EOS M50, Kamera Mirrorless Berkemampuan Rekam Video 4K


Fauzi

Kamis, 26 April 2018 • 16:07

Canon EOS M50


Canon EOS M50, Foto: CanonCanon EOS M50, Foto: Canon

Jika Anda sedang mencari kamera ringkas dengan kemampuan merekam video beresolusi 4K, produk yang baru diboyong Canon ke Indonesia ini sepertinya patut untuk dilirik.

Adalah Canon EOS M50, kamera mirrorless yang dilengkapi prosesor gambar DIGIC 8, serta teknologi perekaman video 4K dan sistem AF terkini yang cepat dan akurat. Kamera ini mengusung teknologi Dual Pixel CMOS AF serta fitur Touch & Drag AF yang dapat memindahkan area fokus melalui sentuhan jari di layar LCD, bahkan pada saat sedang membidik dengan Electrical Viewfinder (EVF) sekalipun.

Selain mengusung teknologi tinggi, kamera ini juga dikemas dalam bodi yang ringkas dan mudah dioperasikan sehingga pengguna dapat mengambil foto dan video secara nyaman sekalipun dengan mobilitas tinggi.

“Hadirnya EOS M50 merupakan bukti komitmen Canon dalam mengembangkan kamera Mirrorless Interchangeable Lens atau yang sering disebut kamera mirrorless guna memenuhi permintaan pasar. Kamera ini memiliki kemampuan merekam video dengan format Full HD dan 4K terbaik di kelasnya. Teknologi canggih dalam pengambilan foto dan video yang dihadirkan kamera ini menjadi pilhan ideal khususnya para vlogger dan fotografer dokumentasi pernikahan yang mendambakan kamera yang ringkas, ringan dan mudah dibawa ke mana saja,” ujar Merry Harun – Canon Division Director, pt. Datascrip.

Selain kualitas gambarnya yang istimewa, kamera ini memberikan fleksibilitas dalam pengambilan gambar dari sudut yang sulit sekalipun karena memiliki Vari angle LCD touch screen, yang dapat diputar hingga 360 derajat. Keberadaan layar ini juga sangat membantu terutama saat pengguna ingin menambahkan aksesori pada hot shoe seperti mic external atau lampu tambahan sehingga layar tidak terhalang aksesori tambahan tersebut.

Tersedia dalam warna hitam dan putih, EOS M50 juga dirancang untuk pengoperasian dengan satu tangan, dengan tombol pengaturan yang terletak di sisi kanan kamera, pengguna dapat dengan mudah menyesuaikan pengaturan, bahkan ketika sedang membidik melalui EVF sekalipun.

Dengan lensa kit standar 15-45mm bersudut lebar, pengguna bebas berekspresi dengan leluasa saat berswafoto (selfie/wefie) atau membuat liputan vlog personal.


Pengambilan gambar dengan interval waktu tertentu atau video time-lapse dalam format 4K juga bisa dilakukan dengan mudah. Pengguna cukup memilih interval waktu yang diinginkan. Para videografer semakin bebas berkreasi dengan rekaman videonya karena EOS M50 ini dapat merekam video dalam format Full HD dengan frame rate hingga 120p sehingga dapat menghasilkan video slow motion yang halus.

Canon EOS M50 juga dilengkapi Combination IS dengan 5-axis image stabilization (IS) di dalam kamera. Combination IS memanfaatkan IS optik dan IS digital untuk membantu menciptakan video yang sangat halus dan tajam, bahkan ketika menggunakan lensa non-IS. Fitur ini sangat efektif meminimalkan guncangan pada saat pengambilan gambar sambil berjalan atau bergerak. Fitur unik dari kamera ini adalah mode Silent, pengguna dapat mengambil gambar tanpa gangguan suara seperti saat mengabadikan konser musik klasik atau bayi yang sedang tidur.

Dibekali prosesor gambar DIGIC 8 dan sensor CMOS ukuran APS-C 24,1 megapiksel, EOS M50 menghasilkan gambar sebening kristal. Melalui Built-in Electronic Viewfinder (EVF), pengguna bisa dengan lebih nyaman mendapatkan gambar yang akurat, tanpa harus terganggu sinar matahari ketika menggunakan layar LCD. Kecepatan ISO 25600 yang dapat ditingkatan hingga 51200 menjadikan kamera ini andal dalam pengambilan gambar di kondisi minim cahaya, tanpa perlu khawatir dengan gangguan noise.

Dual Pixel CMOS AF pada EOS M50 memberikan kecepatan dan akurasi AF yang luar biasa, sangat membantu ketika mengambil subjek bidikan yang bergerak cepat. Selain itu, kamera ini memiliki 143 titik AF yang tersebar merata (mencakup 88% horizontal dan 100% area vertikal). LCD touch screen kamera ini dapat mengakses seluruh operasional kamera, mulai dari akses menu, akses fitur sampai penentuan titik fokus dengan Fitur Touch & Drag AF yang memudahkan pengguna memindahkan fokus hanya dengan menggeser bingkai AF dengan jari pada panel LCD, bahkan saat sedang membidik melalui EVF kamera. Dengan kecepatan continuous shooting 10 fps pada mode one shot AF dan 7,4 fps pada mode servo AF, subjek yang bergerak cepat dapat ditangkap dengan akurat.  

Dengan konektivitas Wi-Fi dan Near-Field Communication (NFC), pengguna dapat dengan mudah menghubungkan EOS M50 ke smartphone atau tablet untuk berbagi gambar dan video secara instan. Aplikasi Canon Camera Connect (tersedia untuk perangkat iOS dan Android) ini juga dapat dimanfaatkan pengguna untuk melakukan pengaturan kamera dari jarak jauh secara real-time. Selain itu, teknologi Bluetooth hemat energi bisa menjadi alternatif untuk koneksi ke gawai dengan konsumsi daya rendah.

Sebagai distributor tunggal kamera digital Canon di Indonesia, Datascrip memasarkan Canon EOS M50  body only Rp10.263.000 (body onlye), Rp 12.023.000 (dengan lens 15-45mm), dan Rp16.170.000 (dengan lens 15-45mm & 55-200mm). (Ozi)

Sumber: PR