pulsa-logo

Daftarkan Paten, Apple Pamerkan Kecanggihan Teknologi Kacamata AR


Nariswari

Jum'at, 27 April 2018 • 11:35

Apple, Apple Smart Glasses, Smart Glasses


Sumber: USPTO via PhoneArenaSumber: USPTO via PhoneArena

Apple dikabarkan akan mengembangkan perangkat kacamata pintar berbasis Augmented Reality (AR) yang akan dibekali dengan sederet fitur canggih di dalamnya. Dari prediksi yang disampaikan oleh seorang analis Wall Street, dimensi dan bentuk bodi kacamata pintar Apple tersebut akan lebih besar dari iPhone.

Smartglass Apple yang akan diberi nama Apple Glasses tersebut, nantinya akan diproduksi oleh Quanta. Hal ini diketahui beberapa waktu yang lalu melalui keterangan dari Wakil CEO Produsen Komponen Quanta. Asal Anda ketahui, Quanta memainkan peranan penting dalam produksi Apple Watch dan perangkat Apple lainnya.

Diprediksi bahwa Apple Glasses akan diperkenalkan ke publik pada akhir tahun depan atau Desember 2019. Kabarnya, perangkat ini memiliki name sandi “T2888” dan akan menggunakan sistem operasi berbasis  teknologi  Reality Operating System (rOS).

Sementara Apple belum mengkonfirmasi keberadaan perangkat tersebut ke publik, CEO Apple Tim Cook mengatakan ke media pada bulan Oktober lalu bahwa teknologi AR saat ini belum cukup “matang” untuk dihadirkan ke produk smartglasses semacam itu. Namun, permohonan paten yang diajukan oleh Apple 8 hari lalu seolah mematahkan pernyataan Tim Cook yang terkesan menutup-nutupi proyek pembuatan kacamata pintar Apple.

Dalam bocoran paten yang berjudul "Eye Tracking System" tersebut, Apple mendeksripsikan teknologi yang mereka patenkan dapat mendeteksi pergerakan dan posisi mata pengguna di layar yang dipasang di bagian kepala. Kamera pelacak mata (eye tracker) berada di setiap sisi wajah pengguna (ini disebut dengan NIR, atau near infrared camera) dan digunakan bersama dengan NIR Light dan fitur hot mirror.

Adapun fitur hot mirror akan memantulkan cahaya inframerah kembali ke sumbernya dengan membiarkan cahaya melintasi bidang pandang pengguna.  Menurut paten, hot mirror akan mengirimkan cahaya ke mata pengguna. Cahaya infrared akan memantulkan dari mata, ke hot mirror, dan kemudian ke kamera eye tracker. Teknologi inilah yang kemudian memungkinkan smart glasses Apple secara akurat bisa mengikuti gerakan mata pengguna.

Bocoran paten tersebut walau bagaimanapun tidak memberikan jaminan bahwa teknologi tersebut akan dapat segera diterapkan pada smartglasses Apple. Jika Anda ingat bhawa beberapa waktu yang lalu Apple pernah mengajukan aplikasi paten untuk metode perlindungan layar  iPhone, namun nyatanya paten ini tidak diaplikasikan ke iPhone X dan iPhone 8. Namun terkait dengan paten yang berkaitan dengan teknologi eye tracker ini sangat penting untuk penggarapan headset berbasis teknologi AR. (Nariswari/Galing)


Sumber: USPTO via PhoneArena