pulsa-logo

Ikuti Jejak Samsung, Microsoft Siap Garap Perangkat Layar Lipat?


Nariswari

Jum'at, 27 April 2018 • 13:10

Microsoft, Samsung, Foldable Tablet, Foldable Phone, Samsung Galaxy X


Sumber: FPO via WindowsCentral via PhoneArenaSumber: FPO via WindowsCentral via PhoneArena

Jika beberapa waktu yang lalu beredar kabar bahwa Samsung sibuk menggarap smartphone berdesain layar lipat berjuluk Galaxy X, kini Microsoft dikabarkan tidak mau kalah dengan mendaftarkan paten produk dengan desain yang tak jauh berbeda. Bocoran dokumen paten terbaru mengungkap fakta bahwa Microsoft juga memiliki minat besar untuk menggarap perangkat berlayar lipat seperti Samsung. 

Kembali pada bulan Desember, Microsoft mengajukan beberapa paten terkait dengan perangkat tablet yang layarnya dapat dilipat. Begitu layar berhasil dilipat, tablet ini kemudian dapat berubah menjadi smartphone. Banyak yang menganggap ini adalah tablet Surface Phone yang selama ini ditunggu-tunggu oleh publik. Namun belum ada kejelasan kapan perangkat tersebut akan dirilis ke pasar.

Sementara dari dokumen paten terbaru menunjukkan layar sebuah perangkat yang dapat dilipat serta bisa dikonversi menjadi banyak mode mulai dari mode tablet dengan layar ganda, mode tent, mode laptop, dan mode smartphone. Seluruh konsep tersebut, kabarnya sedang digarap di bawah Proyek Andromeda.

Bocoran terbaru menyangkut aplikasi paten yang berkaitan dengan sistem lipatan yang akan diterapkan pada sang layar. Paten pertama mencoba memecahkan masalah yang dibuat ketika perangkat dengan dua monitor yang saling terhubung oleh engsel di tengahnya. Dalam hal ini, Microsoft mengatakan bahwa mereka akan meninggalkan gerakan konvensional di perangkat tersebut.

Menurut Microsoft, gerakan konvensional ini dapat mengurangi kenyamanan pengguna dan membuatnya mudah jenuh. Berdasarkan penjabaran di aplikasi paten yang terdaftar dengan nomor register AS 2018/0113520 A1, Microsoft akan menggunakan berbagai jenis input yang mempertimbangkan orientasi perangkat, posisi engsel, dan bagaimana pengguna memegang produk tersebut. Dengan demikian, berbagai sinyal input yang berbeda dapat dikombinasikan dengan interaksi engsel untuk memodifikasi operasi yang terkait dengan interaksi engsel. Microsoft mengatakan bahwa ini akan membuat perangkat ini menjadi “lebih pintar".

Aplikasi paten kedua, yang terdaftar dengan nomor register AS 2018/0113241 A1, memaparkan paten yang berkaitan dengan metode untuk menjaga kedua layar yang digunakan pada perangkat yang dapat dilipat tampak flat (datar), bahkan jika salah satu layar dalam posisi agak melengkung. Demi mengatasi masalah ini, Microsoft disebut-sebut akan menggunakan teknologi “image correcting layer” yang  akan sangat membantu untuk  menciptakan ilusi gambar  menjadi tetap terlihat “normal” dan bagus meski tersaji pada permukaan layar yang agak  melengkung.

Sayangnya, di paten ini tidak menjabarkan lebih terperinci terkait dengan spesifikasi dan fitur apa yang nantinya akan mendukung perangkat berdesain lipat Microsoft tersebut. Selain itu, belum ada jaminan pula apakah Microsoft akan mengaplikasikan paten ini dalam sebuah produk jadi termasuk kapan tepatnya perangkat ini akan dirilis ke publik. (Nariswari/Galing)


Sumber: FPO1 and FPO2 via WindowsCentral via PhoneArena