pulsa-logo

Adu Xiaomi Redmi Note 5 vs Zenfone Max Pro (M1), Siapa Lebih Baik?


Deni Hardian

Jum'at, 27 April 2018 • 13:27

adu fitur,benchmark,asus zenfone max pro (m1),xiaomi redmi note 5,fullview,dual kamera,kamera ganda,snapdragon 636


Xiaomi Redmi Note 5 vs Asus Zenfone Max Pro (M1)Xiaomi Redmi Note 5 vs Asus Zenfone Max Pro (M1)

Bila sebelumnya pasar ponsel Tanah Air dihebohkan dengan kehadiran dua smartphone selfie berkualitas mumpuni. Kali ini giliran ponsel bertenaga dengan fitur terkini plus harga yang cukup terjangkau meramaikan pasar ponsel tanah air. Seperti diketahui, baru-baru ini pasar ponsel tanah air kedatangan 2 smartphone apik dari 2 vendor yang berbeda.

Adalah Xiaomi Redmi Note 5 dan Asus Zenfone Max Pro (M1), dua smartphone yang tampil dengan fitur dan spesifikasi hampir setara. Mulai dari panel layar penuh, kamera ganda di bagian belakang, baterai berkapasitas besar dan yang tak kalah menariknya adalah dukungan chipset yang serupa.

Bermain di segmen kelas menengah atas, kedua smartphone ini hadir dengan label harga yang tidak jauh berbeda. Xiaomi Redmi Note 5 dengan RAM 4GB dan memory internal 64GB dibanderol dengan harga Rp 2.799.000. Sementara itu, dengan varian RAM dan memory internal yang sama, Asus Zenfone Max Pro (M1) dijual dengan harga Rp 2.799.000.

Beruntung sekali, di meja redaksi PULSA sudah ada dua smartphone apik ini. Tak lama setelah kedatangan kedua ponsel ini, PULSA juga telah melakukan hands-on kedua perangkat ini yang bisa pembaca di link di bawah ini. Penasaran dengan kinerjanya, PULSA ingin membahas lebih detil tentang kinerja yang ditanamkan. Bagaimana hasilnya, simak ulasannya berikut ini.

Xiaomi Redmi Note 5: Qualcomm SDM636 Snapdragon 636, Octa-core 1.8 GHz Kryo 260, GPU Adreno 509, RAM/ROM: 3GB/32GB dan 4GB/64GB; Battery: Non-removable Li-Po 4000mAh

Asus Zenfone Max Pro (M1):  Qualcomm SDM636 Snapdragon 636, Octa-core 1.8 GHz Kryo 260, GPU Adreno 509, RAM/ROM: 3GB/32GB dan 4GB/64GB; Battery: Non-removable Li-Po 5000 mAh

Baik Asus Zenfone Max Pro (M1) maupun Xiaomi Redmi Note 5 sudah menyematkan chipset terbaru keluaran Qualcomm yakni Snapdragon 636. Diklaim memiliki kinerja yang lebih baik dari seri sebelumnya, SD636 juga menawarkan kinerja grafis yang lebih tajam dan mumpuni untuk mendukung aktivitas gaming pengguna.


3D Mark Asus Zenfone Max Pro (M1)3D Mark Asus Zenfone Max Pro (M1)

Antutu v7.0.7 Asus Zenfone Max Pro (M1)Antutu v7.0.7 Asus Zenfone Max Pro (M1)

Tak perlu berlama-lama, kedua smartphone yang sudah hadir di meja redaksi ini langsung PULSA instal beberapa aplikasi benchmark ternama mulai dari Antutu, GeekBench4, 3D Mark, PC Mark dan BaseMark. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal PULSA melakukan uji benchmarknya berkali-kali untuk mendapatkan skor tertinggi.

3D Mark Xiaomi Redmi Note 53D Mark Xiaomi Redmi Note 5

Antutu v7.0.7 Xiaomi Redmi Note 5Antutu v7.0.7 Xiaomi Redmi Note 5

Berdasarkan pengujian menggunakan beberapa aplikasi benchmark, PULSA mendapatkan skor benchmark Xiaomi Redmi Note 5 sedikit diatas Zenfone Max Pro (M1). Namun demikian, hal itu tidak terlalu berpengaruh banyak terhadap kinerja. Yang patut menjadi perhatian adalah dengan skor benchmark yang didapatkan, menjadikan kedua perangkat ini cukup mumpuni untuk di ajak bermain game HD sekalipun. Hal ini dikarenakan, kedua perangkat ini memiliki kekuatan grafis yang juga sama baiknya. Yang membedakan adalah daya tahan baterai saat digunakan untuk beraktivitas mulai dari streaming hingga bermain game tentunya.

Untuk lebih detilnya, silahkan lihat tabel hasil uji benchmark yang telah dilakukan oleh PULSA.

Tabel BenchmarkTabel Benchmark

Kesimpulan

Dengan rentang harga yang tidak jauh berbeda, kedua perangkat ini memiliki kinerja yang tidak jauh berbeda. Meskipun sedikit lebih baik dibandingkan Zenfone Max Pro (M1) tak membuat kinerja Redmi Note 5 menjadi lebih superior. Keduanya memiliki kemampuan kinerja dan grafis yang sama baiknya. Perbedaan hanya terdapat pada fitur yang dibenamkan, namun hal itu tergantung dari selera masing-masing pengguna. Selamat memilih.