pulsa-logo

Gandeng TSMC, Xiaomi Bakal Garap Penerus Chipset Surge S1?


Nariswari

Senin, 30 April 2018 • 11:16

Xiaomi, Xiaomi Mi 6C, Xiaomi Surge S1, Xiaomi Surge S2


Ilustrasi Prosesor Xiaomi (Sumber: GizChina)Ilustrasi Prosesor Xiaomi (Sumber: GizChina)

Pada tahun 2017, Xiaomi mengumumkan smartphone pertama yang menjalankan prosesor buatannya sendiri yakni Xiaomi Mi 6C yang diotaki oleh chip yang dijuluki Surge S1. Perusahaan yang berbasis di Tiongkok tersebut dikabarkan tengah mempersiapkan peluncuran prosesor penerusnya yang bakal disebut Surge S2.

Adapun Surge S1 adalah chipset kelas menengah yang menawarkan tingkat kinerja yang sebanding dengan Qualcomm Snapdragon 625 dan MediaTek Helio P20. Dari pengujian AnTuTu, skor yang diperoleh Surge S2 sedikit lebih tinggi dari dua saingan utamanya tersebut. Dari rumor yang berkembang, kinerja dari Surge S2 kabarnya akan setara dengan Huawei Kirin 960, yang merupakan chipset yang ditemukan pada seri Huawei P10 dan Mate 9.

Sebuah kabar terbaru menyebutkan Xiaomi telah meningkatkan order di beberapa produsen komponen yang berbasis di Taiwan. Di antaranya, ada TSMC (perusahaan manufaktur semikonduktor yang berbasis di Taiwan), Largan Precision, Inventec, dan Foxconn.  Prosesor Surge S2 telah disebutkan dalam kontrak yang ditandatangani oleh Xiaomi dengan TSMC. Dari sinilah lantas muncul dugaan bahwa Xiaomi sedang mengembangkan Surge S2 yang diperkirakan akan diproduksi oleh TSMC dengan proses produksi 16 nm.

Chip baru ini dibangun dari empat inti Cortex A73 berkecepatan 2,2 GHz yang dikombinasikan bersama empat inti Cortex A53 dengan clock speed 1,8 GHz. Sementara pengolah grafisnya ditenagai oleh GPU Mali G71 MP8. Meskipun Xiaomi Surge S2 akan tercipta sebagai prosesor mid-range, namun akan mendukung penyimpanan UFS 2.1 dan RAM LPPDR4.

Lalu bagaimana dengan popularitas smartphone yang akan diotaki oleh Surge S2? Mengingat debut Surge S1 tidak memiliki cukup banyak kesuksesan, Xiaomi sepertinya memang membutuhkan perjuangan lebih gigih untuk dapat bersaing dengan prosesor papan atas besutan Qualcomm dan MediaTek.  Setidaknya Xiaomi harus dapat menyamai prestasi yang diraih oleh Samsung Exynos dan Huawei Kirin yang membenamkan prosesor garapannya pada setiap produk yang mereka jual ke pasaran. (Nariswari/Galing)

Sumber: GSMArena via GizmoChina

LATEST TIPS-APPS

Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah
Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah

2018-05-22 20:01:44