pulsa-logo

Canggih! Headset VR Apple Bakal Gunakan Prosesor 5nm


Nariswari

Senin, 30 April 2018 • 11:43

Apple, Headset VR, Headset AR, Headset VR/AR, VR, AR, VR/AR


Ilustrasi Headset Nirkabel Apple (Sumber: Gadget Times)Ilustrasi Headset Nirkabel Apple (Sumber: Gadget Times)

Apple dikabarkan memiliki rencana untuk memperluas lini produk masa depannya dengan meluncurkan headset nirkabel yang kompatibel dengan headset nirkabel AR (Augmented Reality) / VR (Virtual Reality) garapannya. Headset dimaksud kabarnya akan siap diperkenalkan pada tahun 2020.

Headset berteknologi AR/VR ini nantinya akan menampilkan layar dual 8K dan diotaki oleh chipset garapan Apple yang sangat bertenaga. Lewat produk ini, Apple siap jadi pesaing tangguh bagi produsen aksesori VR yang sudah lebih dulu beredar di pasaran seperti Oculus VR, HTC Vive, dan Microsoft HoloLens.

Memiliki nama sandi “T288”, penggarapan perangkat VR di proyek ini masih berada di tahap awal dan masih terlalu dini untuk memperkirakan jadwal peluncurannya. Bahkan proyek yang masih dini ini masih dapat dibatalkan atau diubah sebelum akhirnya diluncurkan.

CEO Apple, Tim Cook, telah berulang kali menekankan fokus Apple yang besar pada penggarapan teknologi Augmented Reality (AR) sebagai proyek besar. Seperti dikabarkan sebelumnya, headset AR/VR Apple tersebut kemungkinan menjadi proyek besar Apple berikutnya. Terlebih lagi perusahaan Amerika Serikat tersebut memang tengah mencari cara untuk meraup pendapatan di luar penjualan iPhone yang kini sedang melemah.

Headset AR/VR tersebut akan mendukung konekstivitas secara nirkabel dan akan terhubung ke "kotak" khusus dengan bantuan teknologi nirkabel berkecepatan tinggi. Penggunaan prosesor yang kuat yang diproduksi dengan teknologi 5-nanometer siap menjanjikan kinerja tingkat tinggi dan efisiensi yang sangat baik.

Headset ini juga akan dilengkapi dengan beberapa kamera yang terpasang yang akan secara aktif memantau kondisi sekitar pengguna.

Jika Anda masih ingat bahwa pada event WWDC 2017 lalu Apple membuat gebrakan besar pertama di penggarapan teknologi AR dalam bentuk ARKit. Perangkat lunak SDK tersebut sangat berguna untuk menggabungkan game berbasis AR dan aplikasi produktivitas di iOS.


Dengan dorongan besar dan terarah untuk pengembangan teknologi AR dan VR, bukan tidak mungkin bagi Apple untuk menjadi salah satu produsen headset AR yang unggul di pasar global, menyaingi Microsoft, Oculus, dan HTC. (Nariswari/Galing)

Sumber: CNET and GadgetTimes via NDTV

LATEST TIPS-APPS

Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah
Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah

2018-05-22 20:01:44