pulsa-logo

Bos WhatsApp Tinggalkan Facebook, Ada Masalah Apa?


Nariswari

Rabu, 02 Mei 2018 • 11:31

WhatsApp, Facebook


Ucapan Perpisahan Bos WhatsApp (Sumber: Facebook via GSMArena)Ucapan Perpisahan Bos WhatsApp (Sumber: Facebook via GSMArena)

Lebih dari empat tahun setelah menyetujui akuisisi Facebook terhadap WhatsApp, salah satu pendiri layanan perpesanan populer WhatsApp telah mengumumkan akan meninggalkan perusahaan jejaring sosial tersebut. Pengumuman tersebut disampaikan oleh Jan Koum yang sebelumnya merupakan salah seorang pendiri WhatsApp lewat tulisan yang ia bagikan di Facebook pada tanggal 30 April lalu.

Menurut keterangan beberapa ahli, alasan di balik keputusan Jan Koum itu, didasarkan pada benturan budaya perusahaan yang besar.  Pada dasarnya, Koum sepenuhnya tidak setuju dengan upaya Facebook untuk menggunakan data pribadi pengguna dan melemahkan proses penyandiannya (enkripsi).

Ironisnya, CEO Facebook Mark Zuckerberg mengomentari postingan selamat tinggal Jan Koum dan mengatakan dia berterima kasih kepada Koum yang selama ini telah mengajarinya tentang enkripsi.

Mundurnya Koum, juga sekaligus mengundurkan diri dari dewan direksi Facebook. Dalam tulisan statusnya, Koum tidak mengungkapkan rencana masa depannya, beliau hanya mengatakan bahwa dirinya mengambil langkah mengundurkan diri untuk melakukan hal-hal non-teknis yang dia sukai.

Pengumuman dari Jan Koum ini datang lebih dari sebulan setelah pendiri WhatsApp lainnya, Brian Acton menyatakan sudah waktunya bagi pengguna untuk meninggalkan Facebook. Hal ini adalah buntut dari serangkaian tuntutan beberapa negara yang mengancam akan memblokir Facebook terkait bocornya data-data pengguna. (Nariswari/Galing)

Sumber: Facebook via GSMArena