pulsa-logo

Gandeng RED, Facebook Siap Bikin Kamera VR


Nariswari

Rabu, 02 Mei 2018 • 16:23

Facebook, Kacamata VR, Kamera VR, Virtual Reality, Augmented Reality


Mark Zuckerberg (Sumber: MobileSyrup)Mark Zuckerberg (Sumber: MobileSyrup)

Facebook mengumumkan kemitraannya dengan RED untuk menggarap perangkat kamera virtual reality (VR) beresolusi tinggi yang ditujukan untuk para pembuat konten dan pembuat film. Perangkat ini kemudian diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai kamera untuk digunakan membuat konten 3D di Facebook.

Kamera generasi terbaru garapan Facebook dan RED ini akan memiliki berbagai fitur yang lebih disempurnakan dari kamera 360 VR yang diumumkan oleh Facebook sekitar dua tahun lalu. Perangkat yang disebut Surround 360 ini dipatok seharga USD 30,000 (Rp399 jutaan).

Sejauh ini memang belum ada pengumuman resmi tentang harga banderol dari kamera VR beresolusi tinggi yang digarap oleh Facebook dan RED. Namun jika melihat patokan harga Surround 360 dan mempertimbangkan biaya dan kualitas peralatan RED yang selama ini dikenal cukup mahal, maka ada kemungkinan harga yang ditetapkan akan sedikit lebih mahal dibanding Surround 360.

Untuk saat ini, memang belum ada rincian tentang tanggal rilis perangkat kamera VR beresolusi tinggi yang digarap oleh Facebook dan RED tersebut.  Namun kabarnya perangkat tersebut akan datang dengan dukungan untuk Six Degrees of Freedom yang berarti siapa pun yang melihat konten dalam  virtual reality (VR) yang direkam dengan teknologi ini akan dapat menjelajahi konten sekitarnya secara real-time.

Dengan bermitra dengan RED, ini tentu pertanda baik bagi Facebook dalam melengkapi portofolio produknya mulai dari kamera VR hingga headset atau kacamata VR. Oculus yang juga dimiliki oleh Facebook misalnya bahkan telah menjual Rift dan Go kepada konsumen.

Meskipun Facebook tidak membagikan informasi aktual apa pun tentang kapan perangkat kamera VR dimaksud akan dirilis atau berapa harga banderolnya. (Nariswari/Galing)

Sumber: TheVerge via AndroidHeadlines