pulsa-logo

Jalankan IDOS, Advan i Lite Dilindungi Tembok Keamanan Berlapis


Fauzi

Rabu, 02 Mei 2018 • 16:42

IDOS,Advan i Lite


Advan i Lite, Image: AdvanAdvan i Lite, Image: Advan

Advan diketahui telah merilis tablet baru bertajuk i Lite. Tablet ini diklaim sebagai yang pertama di dunia yang memiliki fitur Face ID. Fitur tersebut, memungkinkan pengguna membuka tablet hanya dalam 0,4 detik saja.

Tidak berhenti di situ saja, masih dari sisi keamanan. Lewat IDOS, Tjandra Lianto selaku Marketing Director Advan, menegaskan bahwa pihaknya telah mengembangkan sejumlah teknologi, salah satunya Advan Secure.

Sesuai namanya, Advan Secure merupakan tembok keamanan berlapis yang diberikan untuk seluruh lini produk Advan, baik tablet maupun smartphone.  

“Perlindungan yang diberikan saat pre usage (sebelum dipakai), on susage (saat digunakan), dan off usage (ketika hilang atau tidak digunakan),” ucap Tjandra.

Untuk pre usage Advan i Lite memiliki Face ID. Fitur keamanan dengan mengenali wajah penggunanya atau yang didaftarkan.

Selanjutnya ketika digunakan. Super App Lock, fitur tersebut adalah membuka aplikasi dengan kunci unik. Ketika seseorang mencoba paksa masuk ke dalam perangkat atau salah membuka kunci, akan langsung ketahuan. Perangkat akan memfoto pelaku dan mengirimkannya ke email pemilik.

Ada tiga pilihan kunci pada fitur ini, yakni pin lock, pattern lock, dan gesture lock. Metoda kunci itu digunakan untuk membuka aplikasi, menyimpan percakapan, dan dokumen rahasia lainnya.


“Gesture unlock. Pilihan kunci ini membebaskan pengguna untuk membuat kunci dengan bentuk gambar yang dikehendaki. Misal membuat kunci dengan gambar bintang, atau bentuk lainnya,” ucapnya.

Terakhir off usage yakni Anti Theft. Menurut Tjandra, konsumen tidak perlu lagi khawatir. Ketika perangkat mobile hilang, kita dapat mencari posisinya, sekaligus mengetahui siapa pencurinya dengan cara memfoto suasana sekitar atau pelakunya. Kemudian, membuat panik yang mengambil dengan membunyikan alarm. Terakhir ini yang penting, menghapus data yang ada di perangkat mobile dari jarak jauh.

Ada enam pilihan dari fitur anti theft dan itu dapat diakses dari perangkat mobile, laptop atau PC Desktop. Pertama tracking. Fitur ini mampu melacak ketika smartphone hilang atau ke tangan orang lain dan nanti akan ada tampilan peta serta alamat. Cara melacaknya mudah, yakni tinggal mengakses di perangkat mobile atau PC Desktop. Nantinya, akan muncul informasi pada layar peta lokasi smartphone tersebut.

Kedua manual shoot. Fitur ini dapat mengambil foto atau gambar pencuri. Jadi, pemilik dapat mengetahui secara langsung siapa yang mengambil smartphone secara langsung.

Ketiga alarm finder. Fitur ini akan membuat perangkat mobile berbunyi seperti alarm. Bagi si pencuri tentu akan panik ketika mendengar suara keras. Fitur ini pun berguna saat pemilik lupa menaruh smartphone di mana.

“Keempat ada lock mobile phone. Dengan cara ini, perangkat akan terkunci dan tidak dapat digunakan. Lalu destroy data. Fitur ini memungkinkan kita untuk menghapus seluruh data di smartphone dari jarak jauh. Maka, pencuri tidak akan dapat mengambil data yang ada di dalamnya,” ucapnya,” jelasnya.

Terakhir adalah send message. Pengguna dapat mengirimkan pesan kepada yang menemukan atau yang mengambil smartphone dalam bentuk pesan singkat.

IDOS merupakan singkatan dari Indonesia Operating System yang dikembangkan oleh Advan. Untuk Advan i Lite, tablet ini diketahui menjalankan IDOS versi 7.2 berbasis Android 7.0 Nougat. (Ozi)

Sumber: PR