pulsa-logo

Buka Layanan Biro Jodoh, Facebook Berharap Pengguna Bakal Lebih Betah?


Galing

Kamis, 03 Mei 2018 • 17:18

Facebook, Facebook jadi Biro Jodoh, Facebook Mak Comblang, Kencan Facebook, Layanan Biro Jodoh Facebook, Tinder, Facebook Saingin Tinder


Fitur Biro Jodoh Facebook (Sumber: GizmoChina)Fitur Biro Jodoh Facebook (Sumber: GizmoChina)

Dalam kesempatan Konferensi Pengembang Facebook F8 yang diselenggarakan pada hari selasa (01/05/2018) lalu, CEO dari raksasa jejaring sosial tersebut menegaskan akan membuka layanan kencan bagi penggunanya. Melalui fitur yang akan diintegrasikan langsung ke dalam aplikasi, pengguna kemudian dapat mencoba menemukan teman kencan seperti layaknya situs biro jodoh yang ada di dunia maya.

Facebook sejatinya telah mempertimbangkan untuk menambahkan fasilitas kencan ini sejak kurang lebih sepuluh tahun lalu. Namun rencana ini baru dapat diwujudkan pada masa sekarang sebagai jawaban atas riset pasar terkini yang menunjukkan adanya penurunan jumlah pengguna yang aktif serta lama waktu orang aktif di situs jejaring sosial ini yang terus mengalami kemerosotan.

Pada akhir tahun 2017 lalu terungkap bahwa pengguna hanya menghabiskan total waktu sekitar 50 juta jam dalam seharinya untuk bermain di Facebook. Dengan memperkenalkan layanan kencan tersebut, Facebook tentu berharap dapat membuat pengguna lebih betah untuk terus aktif di laman jejaring sosial tersebut.

Menurut Mark Zuckerberg, saat ini ada sekitar 200 juta pengguna Facebook yang mengaku tengah sendiri. Sehingga wajar bila pembukaan layanan baru ini diharapkan akan sanggup membuat banyak orang tertarik untuk ikut berpartisipasi.

Berikut adalah cara memanfaatkan layanan kencan dimaksud:

1. Guna menemukan teman kencan di Facebook, Anda diharuskan membuat profil kencan baru terlebih dulu yang kemudian dapat dilihat oleh pengguna lain yang belum berteman dengan Anda.

2. Pengguna kemudian dapat pula menemukan Acara dan Grup yang kemungkinan bakal diadakan di kota tempat Anda tinggal yang akan diikuti oleh orang-orang dengan minat yang serupa. Contohnya, saat pengguna hadir di sebuah acara, maka dia dapat menekan tombol 'buka' opsi profil guna melihat siapa saja yang punya potensi untuk dijadikan sebagai teman kencan serta orang lain yang akan hadir pada acara yang sama juga akan dapat melihatnya.


3. Facebook hanya akan menunjukkan pengguna yang memiliki kesamaan minat dan teman. Setelah pengguna berhasil menemukan teman kencan yang dirasa cocok, mereka dapat mencoba untuk memulai membuka percakapan lewat layanan obrolan khusus yang hanya mendukung pesan teks. Demi alasan keamanan, Facebook tidak akan mengizinkan percakapan antara pengguna melibatkan adanya pertukaran foto atau tautan.

Dalam acara konferensi pengembang tersebut, Facebook memang tidak menegaskan kapan fitur ini akan mulai tersedia buat seluruh pengguna. Raksasa jejaring sosial terbesar di dunia tersebut hanya mengatakan bahwa mereka akan menguji fitur baru dimaksud pada akhir tahun nanti. Jadi sepertinya masih lama ya? Mari kita tunggu saja kabar selanjutnya. (Galing)

Sumber: GizmoChina