pulsa-logo

Huawei Tertarik Garap Smartwatch Gaming?


Nariswari

Jum'at, 04 Mei 2018 • 09:32

Huawei


Image: Via Lets Go DigitalImage: Via Lets Go Digital

Tren perangkat gaming mulai menjadi marak digarap oleh banyak OEM. Mulai dari laptop, smartphone, hingga tas ransel khusus gamer. Akan tetapi, belum banyak OEM yang melirik ke bisnis smartwatch gaming. Celah inilah yang mendorong Huawei untuk fokus menggarap smartwatch gaming.  Ini diketahui dari bocoran dokumen paten terbaru yang diterima oleh Huawei.

Huawei telah menerima paten untuk smartwatch game, dari World Intellectual Property Organization (WIPO). Permohonan paten yang awalnya diajukan pada bulan Desember 2017 tersebut, mengikuti paten sebelumnya yang diajukan oleh Huawei ke Kantor Intelektual di China dari tahun 2015 dan 2016 untuk pengembangan teknologi terapan.  

Dalam deskripsi paten ini menjelaskan bahwa  teknologi yang dikembangkan oleh Huawei di smartwatch tersebut memungkinkan smartwatch bisa dioperasikan melalui tali jam, memungkinkan beberapa gerakan untuk fitur game seperti menyetir mobil atau mengarahkan mobil di game ke arah yang berbeda/berbelok-belok dan bahkan memainkan game shooter atau menembak. Smartwatch ini juga mendukung perbaikan band (fixing band), yang bisa dipasang ke tali jam dan memungkinkan untuk memunculkan keyboard virtual.

Paten ini mengungkapkan berbagai jenis gerakan dan gerak tubuh – seperti mengetuk layar, slide, twist, shakes dan menekan layar. Semua gerakan tersebut  dapat dilakukan dengan cara yang berbeda, tergantung apakah jam tangan tersebut berorientasi secara horizontal atau vertikal.

Seperti disebutkan di atas, perangkat ini dapat digunakan dalam game balapan (race game) - sementara smartwatch diposisikan secara vertikal, kemudi (setir mobil di game) dikendalikan pada satu sisi tali jam, sementara pengereman ada di sisi tali jam yang lain.

Adapun band ekstra di smartwatch juga dapat digunakan untuk fungsi tambahan saat mengambil foto selfie. Ini dimungkinkan kamera smartwatch gaming Huawei ini akan dibekali dengan  kamera built-in. Di dalamnya, terdapat kemampuan untuk memperbesar, memperkecil dan memilih teks  yang dilakukan pada band  smartwatch.

Jika sebelumnya Razer, ZTE Nubia, dan Xiaomi sudah meluncurkan smartphone gaming, maka smartwatch gaming yang akan digarap oleh Huawei in tentu adalah awal ceruk yang benar-benar baru dan inovatif.  


Kita berharap saja paten yang dikantongi oleh Huawei ini benar-benar  sampai ke tahap produksi perangkat komersial,  dan tidak hanya diajukan demi pengayaan  paten saja. (Naris/Ozi)

Sumber: 1, 2