pulsa-logo

Parah! WhatsApp Jadi Lumpuh Gara-Gara Terima Pesan Don't Touch Here


Galing

Sabtu, 05 Mei 2018 • 11:48

WhatsApp, WhatsApp Don't Touch Here, WhatsApp Hang, WhatsApp Not Responding, WhatsApp Don't Touch Here Explaination, Don’t touch here black circle of WhatsApp


WhatsApp Don't Touch Here (Sumber: PULSA)WhatsApp Don't Touch Here (Sumber: PULSA)

Sebuah pesan broadcast yang tersebar di layanan perpesanan WhatsApp belum lama ini telah menimbulkan kehebohan tersendiri. Pasalnya, pesan berupa gambar tombol hitam yang disertai dengan pesan "Don't Touch Here" tersebut dipercaya dapat melumpuhkan WhatsApp jika dibuka oleh pengguna. Menurut pesan yang sempat jadi viral tersebut, pengguna Android yang menekan gambar tombol hitam akan mendapati aplikasi WhatsApp yang terpasang pada smartphone akan lumpuh selama beberapa waktu atau lazim disebut hang. Sebagai catatan, kejadian ini tidak akan menimpa pengguna perangkat iOS atau mereka yang mengakses WhatsApp lewat web.

Menurut informasi dari berbagai sumber yang PULSA kumpulkan, gambar tombol hitam tersebut sejatinya merepresentasikan karakter dalam format kode pemrograman ASCII. Dengan kata lain di dalam gambar tersebut tersembunyi ribuan karakter berupa simbol, huruf dan angka yang akan membebani kerja aplikasi WhatsApp dimaksud.

Agar pesan dengan jumlah karakter yang sangat banyak tidak membebani kinerja sang perangkat, WhatsApp biasanya akan mengakali deretan tulisan pesan yang begitu panjang dengan memberi embel-embel tanda 'Read More'. Selain itu, pesan dengan jumlah karakter yang sangat panjang tidak jarang beberapa kali harus dipotong dengan tanda 'Read More' hingga lebih dari tiga kali.

Lewat pemotongan ini, smartphone Anda hanya akan menayangkan sedikit karakter dalam waktu singkat. Sehingga pada saat Anda membuka pesan bergambar tombol hitam, perangkat akan 'dipaksa' untuk menayangkan ribuan karakter secepat mungkin yang pada gilirannya membuat kinerja ponsel jadi agak sedikit terganggu.

Bagi pengguna yang menemui pesan ini, PULSA menyarankan untuk mengabaikannya. Sementara bagi Anda yang sudah terlanjur menekannya baik dengan niatan ingin menghapusnya atau sekadar iseng, solusi paling mudah yang bisa dilakukan adalah dengan menekan tombol 'Home'. Selanjutnya silakan masuk kembali ke WhatsApp dan pilih 'Close App'. Begitu aplikasi berhasil tertutup, maka Anda bisa membukanya lagi saat memerlukannya di lain waktu. (Galing)

Sumber: 1, 2, 3