pulsa-logo

Belum Dirilis, Xiaomi Sudah Siapkan Ponsel Baru dengan Qualcomm Snapdragon 638


Nariswari

Senin, 07 Mei 2018 • 11:34

Xiaomi, Qualcomm, Qualcomm Snapdragon 636, Qualcomm Snapdragon 638, Xiaomi Valentino


Sumber: MySmartPrice via GizChinaSumber: MySmartPrice via GizChina

Xiaomi saat ini diam-diam sedang menggarap smartphone generasi terbarunya yang akan menyasar segmen kelas menengah. Ini diketahui dari bocoran spesifikasi terbaru yang berasal dari Geekbench yang mengungkapkan beberapa fakta menarik tentang smartphone Xiaomi terbaru tersebut.

Melalui laman benchmark Geekbench, diketahui bahwa smartphone tesebut akan diotaki oleh processor Qualcomm Snapdragon 638. Dari keterangan yang tertera di Geekbench dengan jelas menyebutkan bahwa smartphone Xiaomi terbaru tersebut akan diotaki dengan Snapdragon kelas menengah yang bahkan belum diumumkan keberadaannya oleh Qualcomm.

Perangkat dengan nama sandi "Valentino" tersebut bakal menjalankan OS Android v8.1 Oreo yang akan ditemani pula oleh RAM 6GB dan ROM seluas 64GB. Smartphone ini kabarnya juga akan mendukung kartu microSD. Xiaomi “Valentino” sendiri akan diotaki oleh chipset Qualcomm Snapdragon 638 yang merupakan prosesor cota core dengan inti yang paling rendah akan melaju pada kecepatan 1,44 GHz.

Seperti diketahui, Qualcomm biasanya meluncurkan chipset baru sebagai penyempurnaan dari chipset pendahulunya. Contohnya, Snapdragon 653 yang hadir untuk menyempurnakan kinerja dari pendahulunya yang datang dengan nomor seri 652. Demikian pula dengan 626 yang hadir untuk meneruskan Snapdragon 625. Sehingga tidaklah mengherankan bila Snapdragon 638 tengah disiapkan oleh pabrikan chipset Amerika tersebut sebagai penerus dari Snapdragon 636 yang baru meluncur.

Sumber: MySmartPrice via GizChinaSumber: MySmartPrice via GizChina

Hasil tes menunjukkan bahwa Xiaomi “Valentino” untuk kinerja single core berhasil meraih skor 1,485  yang bahkan mendekati perolehan dari ponsel dengan chip Snapdragon 820. Sementara unuk multi-core menghasilkan skor 5,440.

Namun, saat ini belum diketahui nama atau merek komersial  dari Xiaomi “Valentino” tersebut. Xiaomi akan meluncurkan Redmi S2 dalam beberapa hari mendatang, dan berdasarkan bocoran yang beredar luas ternyata tidak menjalankan  chip Snapdragon 638. Selain itu, Mi 6X diluncurkan dengan Snapdragon 660.


Jadi jelas, Xiaomi “Valentino” adalah benar-benar smartphone Xiaomi yang baru. Tentunya  akan sangat  menarik untuk mengetahui seberapa “gahar” kinerja smartphone yang menjalankan chipset baru Qualcomm tersebut. (Nariswari/Galing)

Sumber: MySmartPrice via GizChina