pulsa-logo

Ini Loh Beda Samsung Galaxy A6 dengan Galaxy A6+


Deni Hardian

Selasa, 08 Mei 2018 • 17:02

samsung,samsung galaxy a6,samsung galaxy a6+,smartphone android,fullscreen,dual kamera,selfie phone


(Ki-Ka) Samsung Galaxy A6 dan Samsung Galaxy A6+(Ki-Ka) Samsung Galaxy A6 dan Samsung Galaxy A6+

Samsung Mobile Indonesia secara resmi telah mengumumkan kehadiran dua smartphone terbaru mereka yang bertajuk Samsung Galaxy A6 dan Galaxy A6+ di tanah air. Dua perangkat yag diumumkan di Bali-Indonesia ini membidik generasi milenial, dan hadir dengan berbagai fitur terkini mulai dari teknologi layar terbaru, fitur kamera yang menggoda serta desain yang cukup memikat.

Meski memiliki nama yang nyaris sama, ada beberapa perbedaan yang hadir di kedua perangkat smartphone besutan Samsung ini. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini.

Desain

Dari sisi desain kedua perangkat ini memiliki perbedaan pada ukuran layar yang ditanamkan. Jika Galaxy A6 hadir dengan dimensi layar berukuran 5.65 inci dengan resolusi HD+ (720x1480p), Samsung Galaxy A6+ memiliki ukuran layar yang lebih luas yakni 6.0 inci plus resolusi layar yang lebih memanjang yakni FHD+ dengan aspek rasio (1080 x 2220p) 18.5:9. Tak hanya itu, perbedaan kedua perangkat ini terletak pada bagian belakang perangkat dimana Galaxy A6 hanya menyematkan satu sensor kamera belakang sementara Galaxy A6+ sudah membenamkan sensor kamera ganda di bagian belakang. Meski memiliki ukuran layar yang lebih kecil, namun Samsung Galaxy A6 memiliki desain yang lebih slim dengan ketebalan 7.7mm dibandingkan dengan Galaxy A6+ yang memiliki ketebalan body mencapai 7.9mm.

Hardware

Beralih ke sisi hardware, banyak perbedaan yang hadir di sektor ini. Mulai dari besaran RAM, memory internal hingga kapasitas baterai yang tertanam. Kita mulai dari besaran RAM, Samsung Galaxy A6 hanya dibekali dengan RAM berkapasitas 3GB yang disandingkan dengan kapasitas memory internal sebesar 32GB dan baterai berkapasitas 3000 mAh. Sementara itu, Samsung Galaxy A6+ tampil lebih superior dengan dukungan RAM 4GB, memory internal 64GB dan kapasitas baterai 3500 mAh.

Selain perbedaan itu, chipset yang ditanamkan pada kedua perangkat ini juga berbeda jauh. Samsung Galaxy A6 lebih mempercayakan chipset besutannya sendiri yakni Exynos 7870 dengan prosesor octa-core 1.6 GHz. Sedangkan Samsung Galaxy A6+  lebih mempercayakan chipset besutan Qualcomm yakni Snapdragon 450 yang memiliki dukungan prosesor octa-core 1.8GHz yang secara performa jauh lebih baik dibandingkan dengan chipset yang ditanamkan pada Samsung Galaxy A6


Kamera

Perbedaan yang hadir di kedua perangkat ini juga hadir pada sisi kamera yang ditanamkan. Samsung Galaxy A6 masih setia dengan modul kamera single baik pada bagian depan maupun bagian belakang perangkatnya. Pada bagian depan, Galaxy A6 (2018) membenamkan sensor kamera beresolusi 16 megapiksel dengan aperture f/1.9 untuk aksi selfie yang lebih apik meski dalam kondisi minim cahaya. Sementara untuk kamera utamanya, Galaxy A6 (2018) menyematkan kamera belakang beresolusi 16 megapiksel dengan aperture f/1.7 berfitur PDAF dan kemampuan merekam video beresolusi FHD. Beralih ke sektor kamera yang hadir pada Samsung Galaxy A6+ dimana kamera utama yang tertanam memiliki dua sensor kamera dengan konfigurasi 16MP (f/1.7) + 5MP (f/1.9) yang juga dibekali dengan fitur PDAF dan kemampuan merekam video beresolusi FHD. Beralih ke kamera depan, Galaxy A6+ yang membidik pecinta selfie hadir dengan kamera depan beresolusi 24MP plus aperture f/1.9 dan dukungan lampu flash LED.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, kedua smartphone ini hadir dengan berbagai fitur terkini yang membidik pecinta selfie sebagai target utamanya. Untuk harga yang lebih terjangkau diwakili oleh Samsung Galaxy A6 yang memiliki harga resmi Rp 3.799.000. Sementara itu, Samsung Galaxy A6+  hadir dengan banderol harga Rp 4.899.000. Namun, untuk anda yang ingin segera memiliki salah satu dari perangkat ini harus sedikit bersabar, karena produk ini baru akan tersedia di pasaran dalam waktu dekat.