pulsa-logo

Perkenalan Singkat Sharp A2 Lite: Smartphone Layar Penuh Sharp Pertama di Indonesia


Galing

Selasa, 08 Mei 2018 • 20:16

Sharp, Sharp A2 Lite, Smartphone Sharp


Sharp A2 Lite (Sumber: PULSA)Sharp A2 Lite (Sumber: PULSA)

Persaingan industri smartphone global di segmen menengah rupanya masih akan terus berlangsung dengan makin banyaknya produsen ponsel yang melempar produk baru di pasaran. Rentang harga dua jutaan rupanya kerap jadi pilihan bagi sejumlah vendor demi memikat calon konsumen. Tidak terkecuali Sharp yang belum lama ini telah diakuisisi oleh FoxConn.

Di bawah kepemimpinan perusahaan Tiongkok pembuat iPhone tersebut, Sharp kini mulai memasuki kembali pasar domestik setelah sebelumnya sempat mati suri. Membuka tahun ini dengan dua produk baru, perusahaan yang lebih dikenal sebagai produsen peralatan elektronik rumah tangga ini kemudian memboyong smartphone layar penuh pertamanya yang diperuntukkan bagi pasar Indonesia.

Isi Kemasan Sharp A2 Lite (Sumber: PULSA)Isi Kemasan Sharp A2 Lite (Sumber: PULSA)

Dimulai dari kemasan penjualan, Anda hanya akan menemukan kabel data, charger dan earset. Sementara perangkat ini menyuguhkan diagonal seluas 5,7 inci dengan resolusi 720x1440 piksel dalam aspek rasio 18:9. Layar dengan tampilan penuh (FullView Display) yang disematkan pada sang perangkat juga memiliki kerapatan hingga 294ppi. Adopsi bezel tipis pada ponsel ini membuat sensor pemindai sidik jarinya harus berpindah ke bagian belakang. Sementara tiga tombol navigasi Android berwujud virtual terlihat di layar bagian bawah.

Bagian Bawah Sharp A2 Lite (Sumber: PULSA)Bagian Bawah Sharp A2 Lite (Sumber: PULSA)

Hadir dalam balutan logam yang solid dengan proses diamond cutting yang menghasilkan desain kaca lengkung 2.5D, Sharp A2 Lite sayangnya mudah sekali meninggalkan bekas sidik jari baik pada sisi depan maupun belakangnya. Di dalam paket penjualannya juga tidak disertakan softcase transparan. Jika dibandingkan dengan perangkat berharga setara yang beredar di pasaran, dimensi dari smartphone ini memang terlihat jauh lebih kecil mengingat bentang layarnya yang memang tidak begitu lapang.

Bagian Belakang Sharp A2 Lite (Sumber: PULSA)Bagian Belakang Sharp A2 Lite (Sumber: PULSA)


Bicara soal tenaga pacunya, Sharp A2 Lite hanya ditenagai oleh chip MediaTek MT6737T yang merupakan prosesor quad core 1.3GHz. Pemilihan jenis prosesor ini tentu sangat mengecewakan lantaran perangkat lain seperti ASUS ZenFone Max Pro M1 bahkan telah dijejali oleh prosesor octa core kelas menengah paling baru besutan Qualcomm. Bagi Anda yang penasaran dengan performanya, silakan simak hasil tes benchmark yang telah PULSA lakukan dengan menggunakan AnTuTu dan Geekbench. Skor yang diraih oleh Sharp A2 Lite hanya mentok sampai angka 38 ribuan, sangat kontras dengan skor yang melampaui 100 ribu pada ZenFone Max Pro M1.

AnTuTu test (Sumber: PULSA)AnTuTu test (Sumber: PULSA)

Geekbench Compute Test (Sumber: PULSA)Geekbench Compute Test (Sumber: PULSA)

Geekbench CPU Test (Sumber: PULSA)Geekbench CPU Test (Sumber: PULSA)

Bergeser pada urusan jeprat-jepret, smartphone ini memang sudah menyokong kamera ganda berukuran 13 yang bersanding dengan resolusi 5 megapiksel. Perpaduan keduanya siap hasilkan foto dengan efek bokeh yang menakjubkan. Sementara guna penuhi kebutuhan selfie sudah disematkan kamera dengan resolusi 8MP. Selain dapur pacu yang terbilang ketinggalan jaman, platform dari ponsel ini juga masih menggunakan Android Nougat. Bagi Anda yang masih penasaran apakah ponsel ini masuk dalam kategori layak beli, nantikan ulasan lengkapnya di Tabloid PULSA edisi 388 mendatang. (Galing)