pulsa-logo

Dukung 100 Smart City 2018, Indosat Ooredoo Business Hadirkan Solusi ICT Terlengkap


Fauzi

Rabu, 09 Mei 2018 • 09:41

Indosat Ooredoo


Image: Indosat OoredooImage: Indosat Ooredoo

Indosat Ooredoo Business kembali mendukung ‘Gerakan Menuju 100 Smart City’ yang selaras dengan program pemerintah kota atau kabupaten dalam mengimplementasikan inisiatif smart city.

Program tersebut merupakan program bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Bappenas, dan Kantor Staf Kepresidenan. Ini adalah tahap kedua kelanjutan dari 100 smart city tahap pertama yang digulirkan tahun 2017 lalu dimulai dengan 25 kota terpilih

Sejak pertama kalinya gerakan menuju 100 smart city diluncurkan tahun 2017Indosat Ooredoo Business telah berperan sebagai technology advisor  membantu pemerintah kota/kabupaten dalam menyusun program-program smart city dengan memanfaatkan teknologi ICT baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat, meningkatkan ekonomi maupun mengakselerasi potensi unggulan yang ada di masing-masing daerah. Indosat Ooredoo Business akan berpartisipasi aktif memberikan bimbingan teknis ke 16 kota/kabupaten bersama dewan smart city untuk mewujudkan gerakan 100 kota cerdas guna menghasilkan master plan smart city dan identifikasi quick win.

Dalam acara pembukaan Gerakan Menuju 100 Kota Cerdas pada 8 Mei 2018 Indosat Ooredoo Business menyediakan platform Kota Digital Indonesia menawarkan solusi yang terintegrasi dan aplikasi spesifik dalam mendukung tujuan pemerintahan kota/kabupaten. Beberapa solusi yang dibawa meliputi Command Center, iPemerintahan, serta Digital Library guna meningkatkan fasilitas dan pelayanan masyarakat yang terintegrasi. Solusi eTax di hadirkan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah, dan solusi Smart Street Light serta Workforce Management untuk meningkatkan efisiensi anggaran dan juga produktivitas aparatur negara.  

Dengan tersedianya solusi ICT yang lengkap, Indosat Ooredoo Business dapat membantu implementasi program smart city secara menyeluruh dan berkesinambungan mulai dari pondasi dasar berupa jaringan atau infrasruktur telekomunikasi dan ICT, platform smart city, dan aplikasi-aplikasi yang berjalan di atasnya secara terintegrasi.

Dalam acara Pembukaan Gerakan Menuju 100 Smart City 2018 hari ini, Herfini Haryono, Chief Business Officer Indosat Ooredoo mengatakan untuk mengimplementasikan program smart city khususnya yang berbasis IT, ICT atau TIK merupakan salah satu enabler yang sangat penting dan tidak terhindarkan untuk mendorong transformasi proses bisnis aktivitas dalam suatu kota di era digital saat ini.

Namun, lanjut Herfini, yang terpenting adalah solusi yang dibangun harus terintegrasi antar lembaga/kementrian/dinas, terintegrasi vertikal, serta terintegrasi dengan pihak non-pemerintah. Yang penting kedua adalah solusi yang menggunakan sumber daya secara efektif dan efisien serta memberikan kapasitas yang mencukupi kebutuhan. Terakhir yang tidak kalah penting adalah solusi tersebut harus dirancang berkesinambungan dan tidak hanya menjadi solusi sesaat yang berganti-ganti.


“Peran sebagai technology advisor adalah bukti komitmen kami dalam mendukung terciptanya Kota Cerdas yang memberikan layanan publik yang lebih cepat, transparan, dan terintegrasi; mendukung implementasi Kota Cerdas menjadi yang terdepan dalam memberikan solusi ICT dengan berbagai produk & layanan terbaik bagi masyarakat Indonesia memungkinkan tercapainya kualitas kehidupan yang lebih baik; serta mewujudkan Kota Cerdas berbasis teknologi yang berkelanjutan dan berdaya saing,” pungkas Herfini Haryono. (Ozi)

Sumber: PR