pulsa-logo

Xiaomi Umumkan Keikutsertaannya di Program Beta Android P


Nariswari

Rabu, 09 Mei 2018 • 09:46

Xiaomi, Xiaomi Mi Mix 2S, Android P, Android P Developer Preview


Xiaomi Mi Mix 2S (Sumber: GSMArena)Xiaomi Mi Mix 2S (Sumber: GSMArena)

Xiaomi dengan bangga mengumumkan bahwa perangkat andalan terbarunya, Mi Mix 2S, adalah bagian dari program Developer Preview Android P. Mulai awal pekan ini, Anda dapat mengunduh versi awal Android P yang memang disiapkan khusus untuk Xiaomi Mi Mix 2S.

Hal ini dimungkinakan berkat Project Treble, yang benar-benar memisahkan partisi ROM Android dari modifikasi OEM, sehingga memperpendek waktu menunggu untuk pembaruan OTA. Varian ROM developer preview ini tidak memiliki jejak MIUI dan ditujukan bagi pengembang untuk menguji dan mengembangkan aplikasi untuk Android P. Anda bahkan dapat mensimulasikan dukungan notch di layar jika ingin menguji seperti apa aplikasi Anda dengan fitur desain tersebut.

Langkah yang dilakukan oleh Xiaomi ini akan  memberi kesempatan bagi pengembang dan pengguna untuk mendapatkan rilis Android terbaru pada Mi MIX 2S, dan memungkinkan mereka untuk mencoba fitur terbaru, dan menguji aplikasi yang telah mereka kembangkan, memastikan bahwa mereka menggarap aplikasi yang akan dijalankan di OS Android P.

Nah, jika Anda memiliki unit Xiaomi Mi Mix 2S (varian apa pun), maka Anda dapat mengunduhnya lewat tautan http://www.mi.com/en/androidppreview/. Pastikan Anda menggunakan internet dengan kecepatan yang stabil karena ROM versi pengembang ini datang dengan ukuran sekitar 1.4GB. Mengingat posisinya sebagai versi awal, pengguna hanya dapat memasang ROM pada ponsel dengan melakukan flash via fastboot.

Kami tidak menyarankan Anda menggunakan ROM Build ini sebagai driver harian, karena Xiaomi menyebutkan beberapa masalah yang mungkin akan ditemui oleh pengguna. Kami juga tidak menyarankan Anda mencoba untuk mem-flash ini jika Anda tidak tahu apa itu "fastboot", yang mungkin akan berpengaruh pada garansi perangkat.

Adapun beberapa masalah yang bisa saja Anda temui saat memasang versi preview dimaksud ialah:

-    Play Music berhenti bekerja ketika Anda mencoba untuk masuk ke perpustakaan musik


-    Video Editor tidak responsif

-    Adanya Masalah UI untuk diposisikan dalam modus lanskap

-    Ponsel lumpuh ketika mencoba mengakses pesan suara

-    Pencarian suara mengalami masalah di aplikasi Pengaturan

-    Ketidakmampuan untuk mengedit video lokal

-    Koneksi internet tidak ditampilkan di bilah status

Jangan lupa untuk mencadangkan data sebelum mencoba varian ROM ini karena kemungkinan kehilangan data atau adanya bug pada sang perangkat memang masih sangat tinggi.

Xiaomi Mi Mix 2S adalah salah satu perangkat papan atas perusahaan yang dijual dengan harga paling terjangkau yang pernah dirilis oleh Xiaomi. Dengan harga jual 520 (Rp 7,2 jutaan), smartphone ini sudah dibekali dengan deretan spesifikasi kelas atas seperti prosesor Qualcomm Snapdragon 845, RAM 8GB dan masih banyak lagi yang lainnya. (Nariswari/Galing)

Sumber: 1, 2