pulsa-logo

iOS 11.4 Bakal Lebih Susah Dijebol, Begini Cara Kerjanya


dian iskandar

Rabu, 09 Mei 2018 • 11:28

jebol iphone,iphone baru,unlock iphone,cara unlock iphone


Belum lama ini terunugkap tentang perangkat GrayKey yang digunakan untuk membuka kunci iPhone dan bahkan dapat meloncati enkripsi. Dengan dua kabel Lightning, perangkat ini dapat menjebol iPhone dalam waktu tiga jam hingga tiga hari tergantung pada kerumitan kode sandi yang digunakan.

Boleh jadi alat ini dimiliki oleh para penegak hukum akrena harganya pun sangat mahal mencapai 15.000 - 30.000 dolar AS. Tapi, rupanya Apple punya cara lain untuk meningkatkan keamanan agar tidak bisa dijebol dengan  mesin-mesin yang dibuat oleh perusahaan seperti GrayShift dan Cellebrite.

Nah, pada iOS 11.4 beta terbaru, jika iPhone belum dibuka kuncinya selama lebih dari seminggu menggunakan kode sandi, port Lightning akan mendukung pengisian ponsel saja. Tidak ada data yang dapat ditransfer melalui port tersebut. Fitur  yang disebut USB Restricted Mode ini, awalnya terlihat di iOS 11.3 beta, tetapi dihapus dari versi final. Sekarang, dikembalikan. Dan kali ini, sepertinya fitur tersebut akan membuatnya menjadi versi final dari build iOS baru.

GrayKey Box, sumber: PhonearenaGrayKey Box, sumber: Phonearena

USB Restricted Mode memilii cara kerja yakni koneksi data USB melalui port Lightning dinonaktifkan satu minggu setelah ponsel terakhir dibuka kuncinya. Jadi kedua kabel Lighting yang keluar dari GrayKey tidak akan berguna pada iPhone dalam USB Restricted Mode.

Penegak hukum memang memiliki cara untuk mengatasi hal ini. Jika menggunakan GrayKey untuk membuka kunci perangkat dalam waktu tujuh hari sejak pembukaan kode sandi terakhir, itu akan menonaktifkan USB Restricted Mode meskipun belum membuka kunci ponsel.(*)

Sumber: ElcomSoft via Phonearena