pulsa-logo

Apple Akan garap Apple Watch Berdesain Circular Display


Nariswari

Rabu, 09 Mei 2018 • 16:48

Apple, Apple Watch


Sumber: USPTO via PhoneArenaSumber: USPTO via PhoneArena

Apakah Apple akan menawarkan Apple Watch dengan desain layar Circular Display? Dugaan ini cukup beralasan, mengingat pada hari Selasa kemarin (8/5 2018), Apple menerima paten untuk teknologi yang dirancang untuk desain layar berbentuk melingkar atau circular display.

Paten yang diajukan ke USPTO (United State Patent and Trandemark Office) di Amerika Serikat tersebut memiliki nomor register paten 9965995 dan berjudul "Perangkat elektronik yang memiliki layar dengan tepi melengkung".

 Seperti yang Anda ketahui dari nama paten yang diajukan oleh Apple tersebut, dengan jelas itu menggambarkan teknologi Circular Display untuk perangkat smartwatch Apple generasi mendatang. Circular Display ini menghasilkan layar berbentuk melingkar yang sangat apik, dan diprediksi akan digunakan pada jam tangan pintar Apple untuk menggantikan desain layar yang selama ini digunakan di Apple Watch.

Dilihat dari gambar-gambar yang disertakan di paten USPTO tersebut, akan tampak bahwa Apple telah memperhatikan berbagai hal kecil termasuk tampilan aplikasi di smartwatch.

Jika Anda masih ragu dengan kemungkinan apakah Apple akan mewujudkan paten ini ke produk jadi atau tidak, namun jika dilihat dari sejak tanggal permohonan paten ini adalah bulan setelah rilis Apple Watch (dan mungkin bertahun-tahun setelah paten untuk Apple Watch asli diajukan), nampaknya paten ini memang menunjukkan niat Apple untuk menggarap desain Circular Display ke Apple Watch generasi mendatang.

Paten yang diajukan oleh Apple tersebut berkaitan dengan teknologi yang dibutuhkan untuk memperbaiki masalah yang berasal dari desain layar berbentuk melingkar (Circular Display). Paten itu sendiri mengatakan bahwa array pixel persegi panjang tidak akan secara efisien masuk dalam perangkat yang berbentuk seperti lingkaran. Paten ini menjelaskan bagaimana Apple berencana untuk mengatasi hal tersebut.

Pixel array bentuk persegi panjang tidak akan cocok secara efisien dalam perangkat yang memiliki  desain layar berbentuk melingkar. Display melingkar dapat memiliki daerah “bottleneck” di mana garis sinyal menjadi terkumpul di titik tersebut, yang menyebabkan penggunaan area layar sentuh tidak efisien dan beroperasi tidak maksimal.


Beberapa perangkat yang disebutkan dalam paten Apple tersebut yang dapat menggunakan paten Circular Display adalah termasuk jam tangan, liontin, headphone / earphone, dan kacamata. Mempertimbangkan bahwa kacamata pintar Apple berbasis AR kemungkinan akan dirilis satu atau dua tahun lagi, teknologi yang dilindungi oleh paten ini kemungkinan besar juga akan digunakan untuk perangkat tersebut, selain tentunya akan digunakan di Apple Watch generasi mendatang. (Nariswari/Galing)

Sumber: USPTO via PhoneArena