pulsa-logo

Coolpad Tuding Xiaomi Langgar Paten di 8 Smartphone Besutannya


Nariswari

Jum'at, 11 Mei 2018 • 10:33

Coolpad,Xiaomi


Ilustrasi: Xiaomi Mi 6, Image: PULSAIlustrasi: Xiaomi Mi 6, Image: PULSA

Paten dan hak cipta bagaimanapun adalah hal intelektual yang harus dihargai oleh setiap pelaku bisnis. Ada banyak paten yang dimiliki beberapa produsen smartphone dan pelanggaran paten ini kerap berujung ke meja hijau  dan sanksi hukum.

Terkait dengan masalah paten, Coolpad baru-baru dikabarkan menggugat Xiaomi terkait pelanggaran paten. Tidak hanya satu smartphone, ada delapan smartphone Xiaomi yang digugat oleh Coolpad.

Coolpad menggugat Xiaomi atas  pelnggaran paten dari  delapan smartphone Xiaomi termasuk smartphone andalan  Xiaomi terbaru yakni  Mi MIX 2.

Adalah Yulong Computer Communications, anak perusahaan dari Coolpad Group yang menggugat Xiaomi Communications Technology Co., Ltd., Xiaomi Technology Co. Ltd., dan Xiaomizhijia Commercial Co., Ltd. Nanjing First Branch terkait pelanggaran paten.

Yulong Computer Communications menggugat Xiaomi lantaran dianggap telah melanggar paten terkait  “Method for Implementing Call Record Interface System of Multi-Mode Mobile Communication Terminal" atau metode untuk menerapkan sistem panggilan rekam antarmuka terminal komunikasi multi mode ponsel  dengan nomor paten ZL200610034036.7.

Atas gugatan pelanggaran paten tersebut, Yulong Computer Communications menuntut Xiaomi untuk  segera menghentikan penjualan, distribusi dan produksi dari delapan smartphone Xiaomi yang menerapkan paten milik Coolpad tersebut.

Adapun delapan smartphone Xiaomi yang dituntut oleh Coolpad untuk dihantikan penjualan dan produksinya tersebut antara lain  Xiaomi MIX 2, Redmi Note 4X, Xiaomi Mi 6, Xiaomi Mi Max 2, Xiaomi Mi Note 3, Xiaomi Mi 5X, Redmi Note 5, dan Redmi 5 Plus.


Coolpad juga ingin Xiaomi membaar kompensasi kerugian Coolpad selama bertahun-tahun. Coolpad mengatakan bahwa kasus tersebut telah disampaikan ke pihak Xiaomi, meski belum mendapatkan tanggapan dari mereka.

Pekan lalu, Coolpad menyesalkan bahwa Xiaomi masih memproduksi perangkat ini setelah menerima gugatan yang Coolpad ajukan tersebut. Akhirnya, baru-baru ini Coolpad mengajukan gugatan baru ke Pengadilan Menengah Shenzhen meminta Xiaomi untuk segera menghentikan produksi dan penjualan smartphone Xiaomi karena terkait dengan pelanggaran paten.

Sebenarnya, sudah sejak  awal tahun ini, Coolpad mengatakan bahwa Xiaomi melanggar paten milik mereka  dan meminta agar Xiaomi berhenti memproduksi model smartphone yang menerapkan paten Coolpad. Namun, Xiaomi menjawab dengan mengatakan bahwa belum menerima gugatan apapun dari Coolpad. (Naris/Ozi)

Sumber: GizChina