pulsa-logo

Hands-on: LG G7+ ThinQ, Menggoda dengan AI Cam dan Dapur Pacu Bertenaga


Deni Hardian

Jum'at, 11 Mei 2018 • 13:01

hands on,lg g7 thinq,smartphone android,smartphone premium,snapdragon 845,qualcomm,ai cam,super lcd,fullview,kamera ganda,dual cam


Setelah mengkonfirmasi kehadiran smartphone premium terbaru, LG Indonesia menggelar sebuah even untuk mengetahui lebih dekat bagaimana tampilan smartphone terbaru mereka yang bertajuk LG G7+ ThinQ.

LG G7+ ThinQ merupakan versi tertinggi yang bakal hadir untuk pecinta ponsel tanah air karena hadir dengan dukungan RAM dan memory internal yang lebih besar.

Namun bagaimanakah tampilan yang dimiliki smartphone premium terbaru LG dan apa saja spesifikasi serta fitur yang ditanamkan pada perangkat ini? Simak ulasan singkatnya berikut ini.

Tambahan nama ThinQ yang hadir pada LG G7+ ini memberikan kepintaran lebih tak hanya dari fitur yang ditanamkan namun juga memberikan akses lebih ke perangkat elektronik lain besutan LG. Dibandingkan seri sebelumnya, LG G7+ ThinQ mengalami banyak peningkatan mulai dari teknologi layar yang dibenamkan, audio yang lebih "nendang", serta fitur kamera yang lebih pintar.

Kita mulai dari sisi layar, LG G7+ ThinQ dibekali dengan panel layar Super Bright Display LCD yang memiliki tingkat kecerahan hingga 1000 nits. Dibandingkan dengan ponsel sekelasnya, tingkat kecerahan yang hadir pada LG G7+ ThinQ jauh lebih baik kualitasnya. Baik digunakan di dalam ruangan maupuna digunakan di bawah terik matahari sekalipun. Menariknya lagi, meski memiliki tingkat kecerahan yang sangat tinggi, konsumsi baterainya tetap lebih hemat dibandingkan ponsel sekelasnya yang memiliki tingkat kecerahan yang lebih rendah.

Satu hal yang unik dari sisi layar yang tertanam adalah pengguna bisa menampilkan poni (notch) pada LG G7+ ThinQ, jika bosan pengguna juga bisa menutupinya dengan layar kedua seperti yang tertanam pada smartphone besutan LG sebelumnya yakni LG V20. Jika menampilkan poni pada LG G7+ ThinQ memiliki ukuran layar 6.1 inci, namun jika poninya di hilangkan maka ukuran layar akan sedikit mengecil menjadi 5.9 inci. Meskipun begitu resolusi smartphone ini tetap tinggi yakni QHD+ (3120x1440p) dengan kedalaman layar yang mencapai 564ppi.


Tampilan layar yang tertanam bisa diubah sesuai dengan kebutuhan pengguna mulai dari mode layar auto, eco, cinema, sports, game dan expert. Apiknya lagi, pengguna bisa mengatur secara manual color temperature layar untuk disesuaikan dengan kebutuhannya.

Beralih ke sektor kamera, banyak fitur yang sangat menarik yang tersedia pada LG G7+ ThinQ. Kita mulai dari Super Bright camera, di mana fitur ini mampu mengambil objek dengan kondisi cahaya yang minim namun bisa menghasilkan hasil foto yang lebih cerah dibandingkan kondisi aslinya. Berikutnya adalah fitur AI Cam, dengan fitur ini LG G7+ ThinQ mampu menganalisa objek yang dibidik dan memberikan rekomendasi foto terbaik yang bisa diambil. Termasuk di dalamnya yaitu ketersediaan 19 mode pemotretan, dari sebelumnya hanya 8, untuk optimisasi kecerdasan pengambilan gambar. Bahkan, pengguna memiliki opsi lebih luas untuk meningkatkan kualitas hasil foto dengan tiga pilihan efek bila hasil rekomendasi AI CAM tak juga sesuai dengan selera.

Selain Super Bright Camera dan AI Cam, fitur kamera lain yang cukup menarik adalah Super Wide Angle Camera. Fitur ini mampu membidik objek dengan sudut pandang yang lebih luas baik menggunakan kamera belakang ataupun kamera depan yang tertanam. Untuk memaksimalkan fitur kamera yang tertanam, LG membenamkan kamera ganda dibagian belakang dengan konfigurasi dimana kamera belakang utamanya memiliki resolusi 16MP, f/1.6 dengan sudut pandang mencapai 71 derajat. Sedangkan kamera kedua yang tertanam dibagian belakang juga memiliki resolusi 16MP, aperture f/1.6 namun memiliki sudut pandang yang lebih luas yakni 107 derajat. Sementara untuk kamera depan yang tertanam sudah memiliki resolusi 8MP dengan bukaan lensa f/1.9 dan sudut pandang 80 derajat.

Puas mengeksplor sisi fotografi, PULSA juga mengulik fitur audio yang tertanam. Jika smartphone premium LG sebelumnya hanya dibekali dengan teknologi audio Quad-DAC yang memaksimalkan kinerja audio dengan menggunakan headset ataupun earphone. LG G7+ ThinQ memiliki teknologi audio yang lebih lengkap dengan tambahan DTS:X 3D Surround Sound untuk keluaran suara yang lebih mantap saat menikmati konten video dan BoomBox Speaker yang memberikan keluaran suara dengan bass yang lebih mantap untuk mendengarkan musik tanpa earphone. Lebih dalam mengenai fitur BoomBox Speaker, fitur ini memiliki keluaran suara dengan performa bass yang lebih bertenaga berkat dukungan subwoofer yang hadir pada perangkat ini.

Melengkapi beragam fitur pintar yang hadir, LG juga menyediakan tombol khusus untuk pengguna dalam beraktivitas secara lebih mudah. Tombol yang hadir pada sisi kiri perangkat ini, merupakan tombol Google Assistant yang memberikan akses langsung kepada pengguna untuk menggunakan pesan suara untuk beragam aktivitas tertentu.

Yang tak kalah penting dibandingkan dengan fitur apik yang tertanam di dalamnya adalah spesifikasi utama dari LG G7+ ThinQ. Smartphone ini akan hadir dengan chipset Qualcomm Snapdragon 845 dengan opsi RAM sebesar 6GB dan memory internal sebesar 128GB. Smartphone dengan dukungan OS Android 8.0 Oreo ini akan tersedia dengan pilihan warna Platinum Gray, Aurora Black, Moroccan Blue dan Raspberry Rose.

Sayangnya, LG Electronics Indonesia masih enggan membocorkan kapan perangkat ini akan beredar di pasaran dan berapa label harga yang akan disematkan.

Penasaran, tunggu tanggal mainnya.