pulsa-logo

Samsung Galaxy S10 Dikabarkan Bakal Adopsi Pemindai Sidik Jari di Layar


Nariswari

Selasa, 15 Mei 2018 • 10:39

Samsung, Samsung Galaxy S10, Under Display Fingerprint Sensor


Sumber: GSMArenaSumber: GSMArena

Dari sekian banyak rumor yang berkembang seputar Samsung Galaxy S10, soal adanya kemungkinan disertakannya fitur pemindai sidik jari di layar jadi yang paling banyak dibincangkan. Rumor sebelumnya menyebutkan bahwa Samsung Galaxy Note 9 akan dibekali dengan pemindai sidik jari di layar. Namun prediksi itu kini bergeser pada kemungkinan bahwa fitur itu akan disematkan ke Samsung Galaxy S10.

Saat ini pembaca sidik jari yang tertanam di bawah permukaan layar hanya bekerja dengan layar OLED karena fitur ini hanya bekerja dengan perangkat optik. Samsung Display sebagai salah satu pemasok komponen layar  OLED untuk smartphone tentu tidak akan menemui kesulitan untuk menghadirkan teknologi pemindai sidik jari di bawah layar. Rumor terbaru menyebutkan bahwa Samsung sedang menggarap pemindai sidik jari ultrasonik besutan sendiri sebagai gantinya.

Kelebihan dari sensor ultrasonic reader ini akan meningkatkan akurasi saat menangkap detail motif dan pola sidik jari Anda dalam pola 3D. Sementara sensor pemindai sidik jari lainnya hanya 2D. Namun perlu Anda ketahui, pemindai sidik jari ultrasonik memiliki tingkat kesulitan penggarapan yang jauh lebih tinggi dan tentu memiliki biaya produksi yang jauh lebih mahal.

Sejauh ini Qualcomm sebenarnya sudah mengembangkan pemindaian sidik jari ultrasonic, namun belum ada yang diwujudkan ke perangkat massal. Adapun Vivo awalnya bereksperimen dengan solusi pemindai sidik jari ultrasonic yang dikembangkan oleh  Qualcomm tetapi pada akhirnya menggunakan solusi pemindai sidik jari di bawah layar yang ditawarkan oleh  Synaptics untuk kemudian dibenamkan di Vivo  X21 UD (under Display). (Nariswari/Galing)

Sumber: GSMArena