pulsa-logo

Xiaomi Mi A1 Bakal Dukung Project Treble, Syaratnya Cukup Berat


Nariswari

Rabu, 16 Mei 2018 • 10:40

Xiaomi, Xiaomi Mi A1


Sumber: PULSASumber: PULSA

Pada bulan September tahun lalu, Xiaomi meluncurkan smartphone Android One pertamanya, Mi A1. Ponsel pintar ini telah menunjukkan angka penjualan yang cukup baik di pasaran. Namun kejutan tentang smartphone ini tak berhenti di situ.  Karena tampaknya Xiaomi kini menghadirkan dukungan Project Treble ke Xiaomi Mi A1.

Perlu Anda ketahui, Xiaomi tidak mendesain Xiaomi Mi A1 untuk mendukung Project Treble. Akan tetapi menurut pengguna XDA CosmicDan, beberapa upaya sedang dilakukan oleh Xiaomi untuk melakukannya secara manual. Dukungan solusi perangkat lunak Project Treble ini kabarnya  hanya tersedia untuk pengembang dan tujuan penelitian. Karena penyimpanan partisi perangkat membuatnya rentan terhadap kemungkinan mati total (bricking).

Pertama, perangkat harus dipartisi ulang, sehingga TWRP recovery harus dimodifikasi sedemikian rupa supaya dapat mengidentifikasi partisi sebelum dukungan Project Treble ke sistem operasi Android v8.0 Oreo untuk Mi A1 dapat ditambahkan. Proses ini jelas lebih rumit dan berpotensi dapat merusak perangkat.

Bagi Anda yang masih awam dengan Project Treble, Project Treble adalah modul baru dari Google yang memisahkan vendor implementation (seperti fitur bawaan dan driver) yang ada di sebuah smartphone dari framework pada OS Android-nya. Modul ini berfungsi untuk memudahkan produsen perangkat dalam melakukan update OS Android pada perangkat garapannya. (Nariswari/Galing)

Sumber: GizChina