pulsa-logo

Smartphone Penambang Bitcoin Perdana HTC Segera Meluncur


Nariswari

Rabu, 16 Mei 2018 • 11:22

HTC, HTC Exodus, Blockchain, Penambangan Bitcoin, Smartphone Penambang Bitcoin


Jika selama ini Anda bertanya-tanya apa trend besar berikutnya yang akan dihadirkan untuk smartphone? Tentu, saat ini setiap produsen smartphone sibuk mengembangkan teknologi kekinian untuk dibenamkan di smartphone andalannya. Mulai dari teknologi layar lipat, AI, dan kini muncul trend baru yakni blockchain. Lewat blockchain inilah pengguna kemudian dapat menambang mata uang digital yang salah satunya yang paling populer tidak lain ialah Bitcoin.

Beberapa waktu yang lalu kita telah melihat Sugar S11 Blockchain Creation Edition di Bulan Januari dan Sirin Finney awal bulan ini. HTC akhirnya mengumumkan ke publik bahwa mereka saat ini sedang menggarap proyek smartphone bernama “HTC Exodus”. Smartphone ini kelak akan menjadi smartphone blockchain perdana buatan sang perusahaan.

Sketsa HTC Exodus (Sumber: TheNextWeb via GSMArena)Sketsa HTC Exodus (Sumber: TheNextWeb via GSMArena)

Perusahaan teknologi yang berbasis di Taiwan tersebut sayangnya tidak menyertakan foto resmi tentang HTC Exodus yang dipublikasikan, hanya sketsa gambar produk saja  yang menyertai pengumuman tersebut. HTC Exodus akan menampilkan universal wallet dan enclave perangkat keras yang super- aman default untuk mendukung mata uang digital dan aplikasi yang ter-desentralisasi.

HTC berencana untuk membuat jaringan blockchain asli dengan semua unit smartphone HTC Exodus bertindak sebagai node untuk memfasilitasi perdagangan mata uang dunia maya tersebut oleh  pemiliknya. Selain itu, HTC tengah mempertimbangkan pula untuk menerima pembayaran mata uang jenis ini meski harganya belum ditetapkan.

Adapun penggagas smartphone blockchain HTC ini adalah  Phil Chen, pencipta headset Vive VR. Inilah pernyataan resminya tentang penggarapan HTC Exodus:

“Melalui HTC Exodus, kami sangat bersemangat untuk mendukung protokol yang menjadi dasar bagi berbagai transaksi Bitcoin, Lightning Networks, Ethereum, Dfinity, dan banyak lagi. Kami ingin mendukung seluruh ekosistem blockchain, dan dalam beberapa bulan ke depan, kami akan mengumumkan banyak kemitraan yang lebih menarik bersama-sama untuk dihadirkan ke HTC Exodus.”

Titik fokus dari penjualan smartphone blockchain adalah bahwa smartphone ini akan menawarkan keamanan yang lebih baik dan pengalaman pengguna yang ditingkatkan dengan mengintegrasikan penyimpanan universal wallet  langsung ke perangkat. Melalui smartphone ini pengguna juga dapat melakukan perdagangan langsung mata uang digital tanpa tambahan biaya mining fees. (Nariswari/Galing)


Sumber: TheNextWeb via GSMArena