pulsa-logo

Jaringan Indosat Ooredoo Diklaim Siap Layani Pelanggan Saat Ramadhan dan Mudik


Fauzi

Kamis, 17 Mei 2018 • 09:58

Indosat Ooredoo


Image: Indosat OoredooImage: Indosat Ooredoo

Memasuki bulan Ramadhan, disusul masa mudik dan kemudian perayaan Lebaran pada pertengahan Juni mendatang layanan telekomunikasi menjadi salah satu kebutuhan penting untuk mendukung kelancaran beraktivitas selama masa-masa tersebut.

Demi mendukung kelancaran dan kenyamanan berkomunikasi masyarakat tersebut, Indosat Ooredoo kembali mempersiapkan layanannya dengan melakukan peningkatan kapasitas jaringan, pemantauan kualitas jaringan melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (iNOC), Command Center jaringan, serta berbagai paket khusus Ramadhan dan Lebaran bagi pelanggan.

Khusus untuk kesiapan jaringan telekomunikasinya, ditunjukkan melalui kegiatan uji jaringan (network drive test) yang dilakukan di salah satu jalur mudik dan kota tujuan mudik di Jawa Tengah, yaitu jalur Semarang-Demak-Kudus. Uji jaringan ini untuk menunjukkan secara langsung kondisi kualitas sinyal dan kecepatan akses data yang bisa dinikmati pelanggan khususnya selama masa Ramadhan dan kegiatan mudik di salah satu jalur Pantura terpadat tersebut.

Dejan Kastelic, Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo, mengatakan pihaknya berkomitmen untuk selalu memberikan pengalaman terbaik kepada masyarakat dalam menggunakan layanannya pada situasi apapun, termasuk saat terjadinya kepadatan trafik telekomunikasi yang biasa terjadi selama bulan Ramadhan, mudik Lebaran dan perayaan Lebaran itu sendiri.

“Kami yakin bahwa dengan menggelar tambahan infrastruktur dan sumber daya, akan dapat menjamin pelanggan merasakan pengalaman yang lebih baik ketika berkomunikasi dengan sanak keluarga dan teman selama masa-masa tersebut. Dalam beberapa bulan terakhir, kami telah melakukan refarming frekuensi 1800 MHz kami dan mengaktivasi spektrum baru kami di 2100 MHz untuk mendukung cakupan 4G kami dan menghadirkan kecepatan lebih di wilayah-wilayah penting kami. Tim teknis jaringan kami juga akan memonitor site-site penting dan melakukan tindakan yang diperlukan untuk memastikan pelanggan merasakan performansi jaringan secara optimal,” lanjutnya.

Mengantisipasi peningkatkan traffic telekomunikasi selama Ramadhan, mudik dan perayaan Lebaran, Indosat Ooredoo telah menyiapkan kapasitas jaringannya baik untuk data, suara maupun SMS. Untuk kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 11.394 TeraByte/hari, untuk memenuhi puncak kenaikan trafik data yang diprediksi meningkat sebesar 83,7% dibandingkan tahun lalu. Sementara itu, untuk kapasitas suara ditingkatkan menjadi 37,49 juta Erlang/hari dan kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,01 milyar SMS/hari, dimana kedua kapasitas ini juga sudah disiapkan melampaui dari prediksi trafik tertinggi yang mungkin terjadi.

Tidak hanya meningkatkan kapasitas jaringan, kondisi jaringan telekomunikasi juga dipantau selama Ramadhan dan Mudik Lebaran melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) sebagai pusat monitoring seluruh jaringan secara nasional. Monitoring jaringan secara lebih intensif juga dilakukan melalui Command Center yang akan beroperasi beberapa hari sebelum dan sesudah masa Mudik Lebaran untuk mengidentifikasi secara proaktif melalui tim Performance Monitoring bahkan sebelum sebuah gangguan berimbas bagi pelanggan, dan secara reaktif melalui tim Customer Service sehingga bila ada kendala dapat diselesaikan sesegera mungkin. (Ozi)


Sumber: PR