pulsa-logo

Saingi WearOS, AsteroidOS Kini Dukung 6 Smartwatch


Nariswari

Jum'at, 18 Mei 2018 • 10:55

Smartwatch, WearOS, AsteroidOS


Sumber: GizChinaSumber: GizChina

Sebuah platform baru yang dinamakan AsteroidOS kini muncul sebagai pesaing dari sistem operasi peranti sandang Android Wear (yang sekarang telah berganti nama menjadi WearOS). Dikembangkan oleh Florent Revest, AsteroidOS menggunakan dasar dari Linux yang khusus dibuat untuk jam tangan pintar. Proses pengembangan AsteroidOS dimulai pada tahun 2016 dan perlahan-lahan menambahkan dukungan untuk smartwatch sejak pertama kali diumumkan.

Perangkat yang kompatibel dengan AsteroidOS adalah LG G Watch, LG G Watch Urbane, LG G Watch R, Asus Zenwatch 1, Asus Zenwatch 2, Asus Zenwatch 3 dan Sony Smartwatch 3.

Pengembang mengumumkan alpha pertama dari OS pada tahun 2016 dan kurang dari setahun kemudian ConnectWatch diumumkan sebagai jam tangan pintar pertama yang secara eksklusif didukung oleh perangkat lunak pihak ketiga. Saat ini, AsteroidOS telah berhasil mengajak sekitar 100 kontributor di seluruh dunia. Tim pengembangan perangkat lunak tersbeut bertujuan menghadirkan kompatibilitas untuk lebih banyak perangkat, menambahkan lebih banyak fitur, dan menyertakan SDK.

Dengan Rilis 1.0, platform AsteroidOS hadir dengan semua fitur yang dapat Anda harapkan dari smartwatch keluaran paling mutakhir. Termasuk di dalamnya Phone Synced Notifications, Agenda, Alarm Clock, Calculator, Music Remote Control, Stopwatch, Timer dan fitur Weather Forecast Application.

Tujuan dari AsteroidOS adalah membuat alternatif platform untuk smartwatch dengan jumlah kustomisasi tak terbatas dan sifat open-source yang akan memungkinkan pengembang untuk memperluas adopsi ke lebih banyak jam tangan pintar.

Nah, jika Anda seorang pengembang dan memiliki smartwatch, Anda dapat mencoba emulator yang dibuat oleh Tim AsteroidOS serta melihat proses porting platform ini ke peranti sandang lewat video demo yang diunggah ke YouTube. (Nariswari/Galing)

Sumber: GizChina