pulsa-logo

Xiaomi Akan Rilis Surge S2 Bulan Ini?


Nariswari

Jum'at, 18 Mei 2018 • 14:54

Xiaomi Surge S2


Ilustrasi: Logo Xiaomi, Foto: PULSAIlustrasi: Logo Xiaomi, Foto: PULSA

Menyusul Apple, Huawei, dan Samsung yang sudah sejak lama menggarap prosesor mobile sendiri. Belakangan Xiaomi juga diketahui telah menggarap prosesor in-house mereka sendiri yang dinamakan Surge.

Tahun lalu tepatnya di bulan Februari, Xiaomi meluncurkan chip mobile pertamanya yang dinamakan  Surge S1. Baru-baru ini, dikabarkan bahwa prosesor generasi terbarunya, yakni Surge S2 yang akan diumumkan pada akhir bulan Mei ini.

Xiaomi Surge S2 kabarnya akan menggunakan desain octa-core dengan arsitektur 4x A73 + 4x A53 core dengan clock speed 2,2 GHz. Sedangkan core yang lebih kecil berjalan pada 1.8GHz. Surge S2 akan mengintegrasikan kartu grafis Mali-G7.

Dengan melihat profil dari Surge S2  kita dapat melihat bahwa jenis processor tersebut akan bersaing langsung dengan Huawei Kirin 960. Hal  ini cukup logis, karena chip Surge generasi pertama dianggap sebagai pesaing utama untuk Kirin 955, Helio P25, dan Qualcomm Snapdragon 625.

Meskipun Xiaomi  belum mengkonfirmasi rumor ini, namun beberapa hari yang lalu akun resmi ARM di Weibo mengisyaratkan bahwa kabar peluncuran Xiaomi Surge S2 di akhir Mei adalah benar.

Jika mempertimbangkan berbagai  fitur yang akan dimiliki oleh Xiaomi Surge S2, kemungkinan besar prosesor ini akan memposisikan pasar mid-range. Oleh karena itu, diprediksi bahwa prosesor ini tidak akan muncul di Xiaomi Mi 7. Kemungkinan besar, Surge S2 akan memulai debutnya di Xiaomi Mi 6C atau Xiaomi Mi 7C.

Adapun  Surge S2 akan mendukung penyimpanan flash UFS2.1 dan memori LPDDR4, tetapi tidak mendukung CDMA.


Xiaomi rencananya akan mengadakan konferensi pers pada akhir bulan Mei ini. Hari ulang tahun ke-8  dari Xiaomi kabarnya akan menjadi momen penting bagi perusahaan untuk mengumumkan prosesor Surge S2, selain tentunya meluncurkan smartphone edisi khusus ulang tahunnya yakni Mi 8. (Naris/Ozi)

Sumber: GizChina