pulsa-logo

Kencan Singkat Bersama ASUS ZenFone 5


Galing

Jum'at, 18 Mei 2018 • 17:54

Kencan Singkat Bersama ASUS ZenFone 5, Handson ZenFone 5, Hands-On ZenFone 5


Sumber: PULSASumber: PULSA

Seperti telah diberitakan, ASUS kembali melepas smartphone kelas menengah paling anyarnya, ZenFone 5 untuk pasar domestik. Meski baru akan dijual resmi pada bulan Juni mendatang, namun PULSA sudah berhasil mendapatkan sampel produk garapan pabrikan Taiwan tersebut. Hadir dengan banderol harga Rp. 4.299.000, fitur apa saja yang ditawarkan oleh perangkat ini? Silakan simak uraian singkatnya melalui tulisan berikut:

Kemasan dan Desain

Sumber: PULSASumber: PULSA

Sampel unit ZenFone 5 yang PULSA uji datang dalam balutan warna Midnight Blue cantik yang memakai bingkai berbahan aluminium yang dilapisi oleh kaca Corning Gorilla Glass pada sisi depan dan belakangnnya. Dibawah sinar lampu, Anda bisa melihat punggung ponsel ini terlihat berkilau ketika dipegang dari berbagai sudut yang berbeda. Meski demikian pengguna tentu harus berhati-hati agar bagian ini tidak mudah dikotori oleh noda jari atau keringat. Beruntungnya, ASUS menyertakan softcase transparan dalam paket penjualannya.

Masuk dalam rentang harga empat juta, paket penjualan dari ponsel ini memang terkesan lebih lengkap dengan adanya earset yang bisa dipakai untuk mendengarkan indahnya alunan musik koleksi pribadi Anda. Selain port audio, Anda juga bisa menemui adanya port USB Type-C dan celah speaker pada bagian bawah dari sang perangkat. Sebagai ponsel dengan desain minim bezel, wajar bila sensor pemindai sidik jari dari ZenFone 5 kini berada pada bagian belakang.

Display


Sumber: PULSASumber: PULSA

Area depan dari ZenFone 5 diselimuti oleh panel LCD dengan diagonal 6,2 inci yang memiliki poni pada bagian dahinya. Mengikuti tren yang dipopulerkan oleh iPhone X, Anda bisa menemukan earpiece dan sensor kamera selfie tersemat pada bagian ini. Dengan resolusi 1080x2246 piksel, permukaan layar dari ponsel ini memiliki aspek rasio 18.5:9.

Di dalamnya juga dijejalkan sejumlah pengaturan seperti blue filter, suhu warna, warna layar hingga segudang gestur yang tak kalah canggih. Lewat ZenMotion, pengguna dapat mengaktifkan atau mematikan layar cukup dengan mengetuknya sebanyak dua kali. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melukiskan huruf tertentu untuk mengakses fungsi dan aplikasi tertentu mulai dari kamera, browser, galeri dan masih banyak lagi yang lainnya.

Hardware

Sumber: PULSASumber: PULSA

Bicara soal tenaga pacunya, ASUS ZenFone 5 sudah ditenagai oleh chip Qualcomm Snapdragon 636 yang merupakan prosesor octa core 1.8GHz yang dibuat dengan custom core Kryo 260. Pemilihan jenis prosesor ini meski serupa dengan seri ZenFone Max Pro (M1), namun pada dasarnya telah mendapatkan banyak sekali tweak atau peningkatan baik dari sisi software maupun hardware yang telah disesuaikan dengan banderol harga yang disandangnya.

Kombinasi RAM 4GB dengan penyimpanan internal 64GB tentu terasa begitu pas untuk keperluan hiburan dan pekerjaan. Bagi Anda yang penasaran dengan performanya, Anda dapat melihat skor benchmark yang diperoleh menggunakan AnTuTu dan Geekbench. Sementara untuk dukungan operasional dari ponsel ini juga sudah disiapkan pula baterai dengan kapasitas sebesar 3300mAh.

Geekbench (Sumber: PULSA)Geekbench (Sumber: PULSA)

AnTuTu (Sumber: PULSA)AnTuTu (Sumber: PULSA)

Beranjak pada kebutuhan menjelajahi internet, ponsel ini telah menyiapkan slot dual nano SIM hybrid yang bisa Anda gunakan untuk terhubung ke jaringan 4G LTE. Perihal keperluan berbagi data telah disediakan pula Bluetooth, Wi-Fi Direct dan juga chip NFC.

Kamera

Bergeser pada urusan jeprat-jepret, smartphone ini memang sudah menyokong kamera ganda dengan sensor utama Sony IMX363 berukuran 12MP yang bersanding dengan sensor sekunder dengan sudut tangkap 120 derajat pada resolusi 8 megapiksel. Perpaduan keduanya siap hasilkan foto dengan efek bokeh yang menakjubkan. Fitur lain yang ikut dibenamkan meliputi sensor dengan diafragma f/1.8 serta Dual Pixel PDAF. Mengabadikan video dengan ponsel ini juga tergolong sangat menyenangkan berkat fitur EIS dan dukungan resolusi hingga 2160p pada kecepatan frame 30fps.

Sementara guna penuhi kebutuhan selfie sudah disematkan kamera dengan resolusi 8MP. Menariknya, smartphone yang menjalankan sistem operasi Android Oreo dengan antarmuka ZEN UI 5.0 ini juga telah dibekali dengan teknologi kecerdasan buatan (AI – Artificial Intelligence) yang diterapkan untuk sektor fotografi, layar hingga gaming. Bagi Anda yang masih penasaran apakah ponsel ini masuk dalam kategori layak beli, nantikan ulasan lengkapnya di Tabloid PULSA edisi 389 mendatang. (Galing)