pulsa-logo

Di Negara Asalnya Pangsa Pasar Smartphone Lenovo Cuma Segini ...


Fauzi

Selasa, 22 Mei 2018 • 15:04

Lenovo


Ilustrasi: Smartphone Lenovo, Foto: PULSAIlustrasi: Smartphone Lenovo, Foto: PULSA

Dengan populasinya yang besar, tak dipungkiri Tiongkok merupakan pasar terbesar untuk produk apa pun, tidak terkecuali smartphone. Persaingan pasar smartphone di negara ini pun tergolong sengit. Bahkan, LG yang sempat berkiprah di Tiongkok, akhirnya memilih mundur, lantaran mungkin tidak cukup kuat untuk bersaing di Negara tersebut.

Kabar kurang menyenangkan kini juga menghampiri Lenovo. Seperti dilansir GizChina yang mengutip harian bisnis Changjiang, pangsa pasar smartphone Lenovo di negara asalnya kini tinggal 0,4% saja.

Sejatinya pada tahun 2015 lalu penjualan smartphone Lenovo di Tiongkok masih ada di angka 22,1 juta unit. Dengan total penjualan mencapai 417 juta unit di Tiongkok di tahun 2015, Lenovo berhasil meraih pangsa pasar 5,3% kala itu.

Alami penurunan di dua tahun berikutnya, yakni di 2017, penjualan smartphone Lenovo di pasar domestik hanya sekitar 1,79 juta unit. Dengan total penjualan smartphone mencapai mencapai 449 juta unit di tahun yang sama pangsa pasar Lenovo menjadi hanya 0,4% atau menurun sekitar 90% dalam dua tahun.

Lenovo diketahui telah mengakuisisi Motorola beberapa waktu lalu. Cukup disayangkan alih-alih lebih moncer di bisnis smartphone, melihat tren penurunan pangsa pasarnya di Tiongkok, akuisisi Motorola nampaknya belum memberi dampak positif bagi Lenovo.  

Belakangan Lenovo diketahui tengah menyiapkan smartphone flagship bertajuk Z5. Menurut bocoran smartphone ini akan hadir dengan desain yang menampilkan aspek layar ke bodi mencapai 95%dan penyimpanan 4TB, kamera yang luar biasa, dan banyak hal lainnya. Apakah sang jagoan yang tengah disiapkan ini bisa meraih hati konsumen smartphone dan mengembalikan kiprah Lenovo menjadi lebih baik di bisnis smartphone? Kita tunggu saja. (Ozi)

Sumber: 1, 2