pulsa-logo

Hands-on: Lava R3, Smartphone Layar Penuh Rp2 Jutaan Racikan Brand India


Fauzi

Rabu, 23 Mei 2018 • 14:51

Lava R3


Image: PULSAImage: PULSA

Brand asal India, Lava, terus menunjukkan eksistensinya di pasar Tanah Air. Meski tanpa gembar-gembor, ternyata smartphone anyarnya sudah terlihat beredar. Yup benar, R3, smartphone baru Lava yang siap menapaki persaingan di segmen harga Rp2,2 juta. Seperti apa penampakan dan apa saja yang disajikan smartphone ini simak ulasan berikut ini.

Desain

Masuk ke segmen yang tergolong cukup sengit dari sisi persaingan Lava menyuguhkan desain bodi kekinian dengan layar penuh berasio 18:9. Seperti ponsel kebanyakan, bodi Lava R3 memiliki pola bentuk persegi panjang dengan bagian sudut menumpul. Smartphone terlihat sudah mengadopsi panel kaca lengkung 2.5D. Sementara panel belakang smartphone nampak dikemas dengan material logam.

Berbagai komponen terlihat nemplok di area smartphone bagian luar. Di bagian depan, misalnya, tepat di atas layar berukuran 5.7 inci kita akan temui adanya lampu flash untuk kamera depan, receiver, dan sensor kamera depan. Bagian bawah layar dibiarkan kosong tanpa ada satu pun komponen bertengger, hal ini lantaran Lava R3 mengadopsi tombol navigasi di dalam layar.

Beralih ke area ruas sisi sebelah kanan, di sini terlihat bertengger tombol volume dan tombol power. Di area sebaliknya, yakni sisi kiri nampak terlihat slot kartu SIM dan microSD. Di ruas bagian atas dan bawah masing-masing akan ditemui jack audio 3.5 mm dan port microUSB.


Ke bagian belakang, seperti biasa di sini terdapat sensor kamera belakang beserta lampu flash-nya, sensor fingerprint, dan logo Lava. Terlihat dengan jelas pula adanya garis antenna yang menghiasi sisi atas dan bawah bagian belakang smartphone.

Secara keseluruhan, bodi Lava R3 yang memiliki ketabalan hanya 7.6mm tergolong kompak dan masih cukup nyaman digenggam.

Layar

Sebagaimana telah disebut, di sektor display Lava R3 menyuguhkan layar berukuran 5.7 inci berjenis IPS dan memiliki resolusi HD+ (720 x 1440 piksel). Dengan kombinasi ukuran layar dan resolusi yang ditawarkan, Lava R3 mampu memancarkan konten dengan kepadatan ~282.

Sementara dari sisi responsivitasnya juga masih cukup baik. Hanya saja berdasarkan pengujian, meski sudah support multi-touch ternyata smartphone ini hanya bisa diakses 2 titik secara bersamaan.

Dari sisi fisik, layar Lava R3 nampak sudah mengadopsi panel kaca lengkung 2.5D yang membuatnya tampil elegan.  

Kamera

Di sektor alat pengabadi momen, Lava R3 diracik dengan membawa sensor kamera belakang beresolusi 13 MP (PDAF). Sementara untuk yang suka selfie, Lava R3 menyuguhkan sensor kamera 8 MP.

Cukup disayangkan memang, di kala sejumlah vendor menyuguhkan kemampuan dual-camera, baik depan maupun di bagian belakang, ternyata Lava belum mengadopsinya di smartphone ini. Mengenai hasil bidiknya, berikut foto hasil jepretan kamera belakang Lava R3:

Jeroan

Dari lembar spesifikasinya, Lava R3 tertulis membawa spesifikasi penyokong kinerja seperti prosesor MT6739 yang memiliki kecepatan 1.3 GHz ditandem dengan GPU Mali-T720, RAM 3GB, dan memori internal 32GB.

Di atas kertas dengan spesifikasi jeroan yang dibawa, smartphone ini sejatinya memiliki kinerja cukup baik. Sedikit mengenai kinerjanya, berdasarkan uji benchmark menggunakan AnTuTu, Lava R3 memiliki skor 40227.

Untuk mengetahui lebih jauh lagi soal Lava R3 bisa dilihat pada Review-nya nanti.