pulsa-logo

Sony Bakal Stop Bikin Smartphone?


dian iskandar

Rabu, 23 Mei 2018 • 21:05

Sony,sony xperia,xperia x2,xperia x2 premium


ilustrasi, sumber: Phonearenailustrasi, sumber: Phonearena

Belum lama ini muncul spekulasi terkait Sony yang disebut-sebut kemungkinan akan hengkang dari bisnis smartphone. Hal ini dilator bekalangi oleh rencana tiga tahun ke depan yang disampaikan oleh CEO baru Sony Kenichiro Yoshida.

Seperti dilansir Bloomberg (via Phonearena), rencana tiga tahun Sony yang disampaikan Selasa kemarin fokus pada layanan dan area inti lain dari profitabilitas Sony. Dan tidak disebutkan gadget konsumen, apalagi ponsel dalam presentasi itu.

Dari situ muncul pertanyaan besat yang mungkin tidak kita harapkan apakah Sony akan berhenti memproduksi ponsel atau akan terus membuatnya . Meskipun banyak alasan yang bisa menjadi acuan jika benar-benar Sony akan hengkang dari bisnis tersebut sehingga berpaling dari bisnis gadget ke layanan .

Kata kuncinya adalah fokus. Sony membuat sebagian besar sensor kamera untuk kamera digital dan kamera ponsel, dan itu membuat telah menghasilkan uang yang banyak bagi Sony. Masalahnya adalah, bisnis ponsel Sony telah menyusut dengan cepat.

Meski Sony masih punya pengakuan hebat dari pelanggannya,  tetapi perusahaan asal Jepang itu hanya menjual sekitar 10 juta ponsel pada tahun 2018, turun dari 22,5 juta pada tahun lalu, dan Sony tidak dapat menemukan pijakan di luar Asia. Pun untuk perangkat Playstation 4 yang populer, bahkan penjualan konsol ini telah mengalami penurunan 18% pada kuartal terbaru dan eksekutif mengakui bahwa PS4 mendekati akhir siklus hidupnya.

Memang spekulasi bahwa Sony bakal stop memproduksi Playstation 4 tak masuk akal , tetapi Sony punya alasan kuat jika ingin berhenti membuat ponsel. Tapi sekali lagi ini hanya spekulasi jadi kita tunggu informasi yang lebih jelas dari sumber terpercaya alias Sony sendiri. (*)

Sumber: Bloomberg via Phonearena