pulsa-logo

Berkenalan dengan Ponsel FullView Display Terbaru Vivo Y83


Hairuddin

Kamis, 24 Mei 2018 • 12:16

Vivo Y83, Hands On Vivo Y83, Review Vivo Y83


Vivo Y83 (Foto: PULSA/Hairuddin)Vivo Y83 (Foto: PULSA/Hairuddin)

Vivo Indonesia memang secara resmi belum merilis produk terbaru berkode Vivo Y83 ke pasaran, namun smartphone anyar kelas mid-end ini sudah banyak ditawarkan oleh peretail online.

Smartphone yang membawa tagline “All-New FullView Display” ini bisa diperoleh dengan banderolan harga Rp 3.199.000.

Nah bagi yang penasaran, berikut kencan singkat PULSA dengan Vivo Y83.

Desain dan Layar

Sepintas, struktur desain ponsel ini tidak jauh beda dengan Vivo V9. Memiliki struktur bodi dengan sisi yang membulat, dan memiliki tepian bodi yang agak sedikit menyembul ke samping. Bagian sisi juga tidak ada perbedaan mencolok. Ada tombol volume dan power di sisi kanan. Posrt SIM card dan kartu microSD di letakan di sisi kiri atas. Sementara bagian bawah tempat bercokolnya micro USB, corong speaker dan audio jack 3.5mm.

(Tombol Volume dan Power)(Tombol Volume dan Power)

(Port audio, Loudspeaaker, microUSB)(Port audio, Loudspeaaker, microUSB)


Konstruksi fisik Vivo Y83 tergolong lumayan tipis, dengan struktur yang solid dan tidak ringkih. Material covernya lebih didominasi bahan plastik. Sisi belakang terlihat glossi dan memiliki efek kaca, yang mudah meninggalkan bekas sidik jari.

(Fingerprint sensor & Kamera)(Fingerprint sensor & Kamera)

Di bagian belakang ini, Vivo Y83 menanamkan sensor fingerprint dengan posisi di atas logo Vivo. Dan agak mojok ke atas, ada sensor kamera plus LED flah.

Di bagian depan, tertanam layar berukuran 6.22 inci dengan resolusi layar HD+ (720x1520 piksel) dengan kerapatan piksel sekitar 270ppi. Menariknya, layar penuh di Vivo Y83 ini sudah mengadopsi milik V9 dengan rasio aspek 19:9 dan memiliki poni (notch). Layar yang tertanam juga telah disematkan lapisan kaca 2.5D yang memberikan kenyamanan lebih saat digunakan.

(SIM Card Tray)(SIM Card Tray)

Performa

Di sektor ini, Vivo sepertinya agak sedikit merubah kebiasaan. Jika di beberapa perangkat sekelasnya menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon, di Y83 yang PULSA pegang ini Vivo menanamkan chipset MediaTek MT6765 dengan prosesor 8 inti (Octa-core 64-bit) dan memiliki clockspeed 2.0GHz.

Untuk memorinya sendiri, Vivo Y83 disokong RAM 4GB plus penyimpanan internal 32GB dan juga menyertakan slot memori ekspansi microSD (dedicated) yang terpisah dari tray SIM card.

Vivo Y83 berjalan di platform Android 8.1 Oreo dengan antarmuka FunTouch OS v4.0, yang diklaim memiliki beragam fitur kekinian dan tentunya mampu menghasilkan akselerasi terbaik dan lancar untuk semua fungsi yang ada di Vivo Y83. Untuk menopang kinerja, ponsel ini dibekali baterai berkapasitas 3260mAh.

Kamera

Tren selfie sepertinya masih menjadi jargon jualan utama Vivo, di produk ini pun demikian, Hanya saja, Y83 ini coba sedikit menawarkan sesuatu yang menarik bagi pecinta selfie, yakni kamera depan yang disking teknologi Artificial Intelligence (A.I Selfie).

Dengan teknologi A.I Selfie, kamera depan berkekuatan 8MP milik Vivo Y83 digadang-gadang mampu mendeteksi karakter wajah dengan baik untuk menghasilkan detil selfie yang lebih natural.

Selain menawarkan fitur Face Beauty yang bisa dimanfaatkan untuk memperhalus dan mempercantik wajah, kamera depan Vivo Y83 juga sudah mendukung efek bokel loh.

Tidak hanya jago di selfie, Vivo Y83 juga masih cukup apik untuk merekam momen berharga via kamera depan yang memiliki sensor 13MP dan dilengkapi LED flash untuk foto di tempat minim cahaya. Efek bokeh juga bisa dimanfaatkan menggunakan kamera utama.

Tidak ketinggalan, beragam mode kamera serta pengaturan lanjutan pun disediakan Vivo Y83 untuk mendukung fotografi. Mulai dari mode Panorama, HDR, Profesional, bahkan bisa menjepret foto dengan kualitas Ultra HD.

Paket penjualan

Paket penjualan Vivo Y83 terbilang standar. Di dalam kotak kemasan berisi charger, kabel data, buku manual, kartu garansi, ejector SIM card dan perangkatnya. Poin plusnya, Vivo memberikan soft cover untuk melindungi ponsel secara cuma-cuma.

Buat yang penasaran dengan Vivo Y83 ini, tunggu review lengkapnya di Tabloid PULSA.