pulsa-logo

Snapdragon 710 Resmi Diumumkan, Ini Kelebihannya dari Seri 600


dian iskandar

Kamis, 24 Mei 2018 • 15:28

Snapdragon,snapdraon 710,snapdragon 660,snapdragon 636,qualcomm,mediatek


foto: istimewafoto: istimewa

Setelah mengenalkan seri 700 dari Snapdragon di ajang MWC 2018 Februari lalu, Qualcomm hari ini secara resmi mengumumkan bahwa produk pertama dari seri ini telah hadir secara komersil yaitu, Snapdragon 710 Mobile Platform.

Snapdragon 710 dibuat dengan teknologi proses 10nm dan dirancang dengan arsitektur efisiensi tinggi untuk mengakomodir penggunaan kecerdasan buatan (artificial intelligence) dengan AI Engine multi-core dan kemampuan untuk memproses jaringan neural.

"Snapdragon 710 Mobile Platform merupakan produk pertama dalam lini terbaru dari seri 700 yang menawarkan teknologi dan fitur yang sebelumnya hanya tersedia di lini produk premium kami," papar Kedar Kondap, Wakil Presiden untuk Manajemen Produk di Qualcomm Technologies, Inc. "Dengan menggabungkan kemampuan utama AI dan peningkatan performa,

Snapdragon 710 didesain untuk mengubah produk konsumen menjadi asisten pribadi yang paling mutakhir sehingga dapat meningkatkan kualitas pengalaman konsumen sehari-hari. Salah satunya adalah fitur kamera high-end yang akan mendapatkan manfaat dari kapabilitas pemrosesan on-device AI berkecepatan tinggi, tentunya tanpa mengorbankan daya tahan baterai."

Adapun keunggulannya jika dibandingkan dengan lini produk di seri 600, antara lain:

•    AI: Snapdragon 710 ini mengubah konsep ponsel pintar menjadi sebuah pengalaman yang personal bagi pengguna di sisi kamera dan suara dengan dukungan kapabilitas AI yang mampu mengabadikan dan membagikan foto dan video dengan kemampuan contextual awareness serta mempersonalisasi suara dan pola bicara (seperti aksen, penekanan pada huruf tertentu, dll) untuk interaksi yang lebih natural. Platform baru ini memberikan peningkatan performa hingga 2X dibandingkan dengan Snapdragon 660.

•    Capture: Qualcomm Spectra ™ 250 ISP yang baru mendukung peningkatan dalam mengabadikan foto dan video berkualitas profesional dengan kemampuan fotografi di pencahayaan rendah yang unggul, noise reduction, autofocus cepat, stabilisasi gambar, smooth zoom dan efek bokeh real-time.


•    Display: Snapdragon 710 memiliki fitur playback 4K HDR untuk melihat video dan aplikasi HDR –  fitur yang pertama hadir di luar lini produk premium seri 800.

•    Konektivitas: Snapdragon 710 mengusung modem Snapdragon X15 LTE baru, sebuah modem LTE dengan kemampuan Cat 15 yang mendukung kecepatan unduh hingga 800 Mbps. Ini membawa beberapa teknologi 4G LTE yang paling canggih ke lini produk seri 700, termasuk teknologi 4x4 MIMO (medukung 2x carrier aggregation) untuk kecepatan unduh hingga 70% lebih cepat dalam kondisi sinyal lemah, dan License-Assisted Access (LAA) untuk kecepatan lebih unggul di tempat-tempat ramai, dibandingkan dengan perangkat yang tidak mendukung 4x4 MIMO.

•    Kinerja dan Baterai: Karena peningkatan pada arsitektur Adreno 616 Visual Processing Subsystem, perangkat berbasis Snapdragon 710 dapat menghemat konsumsi daya hingga 40% saat bermain game dan memutar video 4K HDR, serta pengurangan 20% saat streaming video, bila dibandingkan dengan Snapdragon 660. Selain itu, arsitektur Kryo 360 yang baru dioptimalkan untuk mendukung peningkatan kinerja keseluruhan  hingga 20%, penelusuran web hingga 25% lebih cepat, dan waktu loading aplikasi hingga 15% lebih cepat dibandingkan dengan Snapdragon 660. Dengan teknologi Qualcomm® Quick Charge ™ 4+ terbaru, pengguna bisa mengisi 50% baterai hanya dalam waktu 15 menit.

Snapdragon 710 Mobile Platform diperkirakan akan mulai digunakan dalam perangkat konsumen mulai dari kuartal kedua 2018. (*)