pulsa-logo

Menkominfo Bangga Advan Bisa Bangun Pabrik Smartphone Berkualitas Dunia


Fauzi

Selasa, 29 Mei 2018 • 13:52

Menkominfo Bangga Advan Bisa Bangun Pabrik Smartphone Berkualitas Dunia


Menkominfo (kiri) saat mengunjungi pabrik Advan di SemarangMenkominfo (kiri) saat mengunjungi pabrik Advan di Semarang

Sebagai brand lokal Tanah Air, keseriusan Advan dalam mengeksplor pasar smartphome tak perlu diragukan lagi. Hal itu tidak hanya dibuktikan lewat produk, tetapi juga berdirinya pabrik Advan yang terletak di Jl. Gatot Subroto, Kawasan Industri Candi Blok 32A, Semarang.

Spesial bagi Advan, karena hari Senin (28/5) fasilitas produksinya dikunjungi oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara. Pada kesempatan ini, Rudiantara menyatakan kebanggaannya kepada ADVAN karena dinilai mampu membangun pabrik smartphone berkualitas dunia.

Kekaguman Menkominfo  diutarakan ketika melakukan kunjungan ke pabrik smartphone ADVAN  di Kawasan Industri Candi, Semarang Jawa-Tengah. Dalam kunjungan kerjanya, Chief RA, sapaan akrab Menteri Rudiantara didampingi oleh Tjandra Lianto, Marketing Director ADVAN, Andi Gusena, Brand Director ADVAN. 

Dalam kesempatan tersebut, Rudiantara menyempatkan berbincang dengan para pekerja yang mayoritas berasal dari daerah Semarang dan Jawa Tengah. Para pekerja terampil ini sudah dibekali dengan teknik dan penguasaan teknologi berstandar global. 

“Ini yang saya harapkan, perusahaan nasional memiliki komitmen untuk membangun industri di dalam negeri. Komitmen ini perlu didukung oleh segenap masyarakat tanah air. Agar smartphone buatan dalam negeri, seperti  ADVAN  bisa menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia,” ungkap Rudiantara. 

Chief RA berharap dengan  memiliki pabrik smartphone sendiri, ADVAN harus punya target menjadi tuan rumah di negeri sendiri.


“Memang tidak mudah, tapi bisa dilakukan. Salah satunya kita harus membangun  ekosistem digital berbasis kearifan lokal. Kita juga harus membangun kesadaran massif  kepada masyarkat agar lebih  menghargai produk karya anak bangsa,” tegas Chief RA di sela-sela kunjungan Pabrik Smartphone ADVAN  di Kawasan Industri  Candi, Semarang.

Sementara itu, Tjandra Lianto, Marketing Director ADVAN  mengatakan pihaknya optimis bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Saat ini, lanjut Tjandra, ADVAN  bertengger di peringkat ketiga.   Laporan IDC menyebutkan bahwa Advan berada di di peringkat tiga dengan market share 7.7%. 

“Progres kami sangat pesat. Sekarang posisi kami berada di posisi tiga. Dalam waku dekat, kami optimis  bisa menggeser OPPO bahkan Samsung,” ungkap Tjandra. (*)