pulsa-logo

Samsung Galaxy S9 dan S9+ Akhirnya Punya Fitur Perekam Pembicaraan Telepon


Nariswari

Rabu, 30 Mei 2018 • 18:08

Samsung,Galaxy,Galaxy S9mGalaxy S9+


Samsung dikabarkan tengah menghadapi reaksi kurang menyenangkan dari pengguna Samsung Galaxy S9 dan  S9+ di Israel yang mengeluhkan atas berbagai gangguan panggilan telepon di unit mereka. Ketika pembaruan perangkat lunak gagal mengatasi masalah tersebut  , beberapa pelanggan akhirnya membawa masalah ini ke pengadilan dengan gugatan class action. Salah satu dari banyak tuduhan yang diajukan dalam gugatan itu adalah tentang Samsung yang menghapus kemampuan merekam pembicaraan telepon pada Galaxy S9 dan  S9+.

Tidak yakin apakah ini yang kemudian menjadi pertimbangan bagi Samsung, karena akhirnya Samsung  telah mengaktifkan opsi perekaman panggilan asli di Galaxy S9 dan  S9+ melalui  pembaruan keamanan yang diluncurkan pada akhir Mei 2018. 

Sejauh ini, fitur tersebut masih terbatas akan dinikmati di beberapa negara. Karena merekam panggilan tanpa persetujuan masih  ilegal di beberapa negara. Dan fitur baru ini tidak tersedia untuk semua unit Galaxy S9 di seluruh dunia.

Sampai sekarang, fitur tersebut tampaknya baru  tersedia di Belanda, Rumania, Rusia, Spanyol, Swiss, dan Inggris. Dan  fitur tersebut dapat digulirkan ke lebih banyak negara  dalam beberapa minggu mendatang. Namun tetap dengan catatan, Samsung membatasi peluncurannya. Karena tidak semua negara membolehkan fitur ini, dan dianggap tindakan illegal.

Jika Anda kini telah mendapatkan pembaruan perangkat lunak keamanan di bulan Mei (dengan build number XXU1BRE5 atau XXS1ARE6 bergantung pada pasar) yang dijalankan di perangkat Samsung  Galaxy S9 dan S9+ milik Anda, maka Anda akan melihat opsi rekaman di UI dalam  tiap panggilan.

Jika Anda tidak melihat opsi itu, mungkin opsi itu melanggar hukum di negara Anda untuk merekam panggilan tanpa persetujuan (illegal).

Bahkan jika Samsung tidak membawa fitur ini ke semua negara, masih ada opsi lain yang tersedia untuk pengguna. Banyak aplikasi perekam panggilan pihak ketiga yang populer yang dapat diaktifkan untuk merekam panggilan telepon pada smartphone unggulan Galaxy terbaru.


Meskipun mungkin tidak berfungsi sebaik fitur default bawaan Samsung, namun setidaknya ada opsi bagi pengguna yang menginginkan fitur tersebut.

Selain mengaktifkan opsi perekaman panggilan default dari Samsung, update perangkat lunak di bulan Mei 2018 juga akan  memperbaiki masalah warna yang mengganggu pada layar di  beberapa unit Galaxy S9. Namun sayangnya, pembaruan perangkat lunak ini belum tersedia secara merata ke semua negara. (*)

Sumber: Sammobile