pulsa-logo

Prosesor Qualcomm Snapdragon 850 Akan Dirilis Lebih Awal


Nariswari

Kamis, 31 Mei 2018 • 13:46

Qualcomm Snapdragon 850


Image: Geekbench via GizmoChinaImage: Geekbench via GizmoChina

Beberapa hari lalu, beredar kabar yang menyebutkan bahwa Qualcomm dalam waktu dekat akan meluncurkan seri prosesor terbarunya, yakni Snapdragon 845. Secara khusus prosesor ini disebut akan dijalankan untuk perangkat berbasis Windows 10 dan mendukung ARM.

Hal ini didukung juga oleh bocoran  daftar Geekbench yang menunjukkan bahwa chipset Snapdragon 845 memiliki skor yang jauh lebih tinggi dari perolehan skor Snapdragon 845 biasa. Hal inilah yang kemudian memunculkan dugaan bahwa seri prosesor yang terlihat di Geekbench tersebut bukanlah Snapdragon 845, melainkan sebenarnya adalah Snapdragon 850.

Menurut informasi yang diperoleh dari Winfuture.de, Qualcomm akan merilis Snapdragon 850 lebih awal dari jadwal yang mereka tetapkan sebelumnya. Chipset Snapdragon 850 memang akan memiliki kinerja yang lebih kuat dan skor lebih tinggi dari Snapdragon 845.  Namun amat disayangkan bahwa Snapdragon 850 hanya akan digunakan untuk perangkat berbasis Windows 10 yang didukung oleh ARM.

Meskipun Snapdragon 850 memiliki skor dan performa lebih tinggi, namun chipset ini akan datang dengan modem X20 yang sama dengan Snapdragon 845 dan juga sama-sama menawarkan Gigabit LTE.

Winfuture.de memperoleh informasi bahwa saat ini ada beberapa perangkat yang dalam pengembangan yang akan datang dengan chipset baru Qualcomm tersebut. Salah satunya adalah merek HP yang  dikatakan saat ini sedang menggarap perangkat yang memiliki name code “Chimera 2”. Adapun perangkat tersebut diduga adalah generasi penerus HP Envy X2 yang memiliki nama sandi “Chimera”. Produksi untuk Chimera 2 akan ditangani sepenuhnya oleh Quanta Taiwan.

Selain HP, Lenovo juga masuk ke dalam daftar OEM yang mengantri untuk mendapatkan chipset Snapdragon 850 untuk dijalankan ke jajaran produk terbarunya. Lenovo saat ini sedang menggarap perangkat baru dengan name code “ELZE1”.

Pesaingnya, yakni Asus kabarnya  juga sedang menggarap perangkat baru dengan code name ‘Thanos’. Rumornya, perangkat tersebut akan  diotaki oleh Snapdragon 850.


Dell juga kabarnya saat ini membuat perangkat berbasis Windows 10 yang mendukung ARM, dan kemungkinan besar akan menjalankan prosesor Snapdragon 850.

Adapun Snapdragon 850 kabarnya akan diluncurkan pada musim panas tahun ini. Diperkirakan tidak akan dijual sampai musim gugur atau bahkan mungkin musim dingin (akhir tahun ini). Sehingga kita baru bisa melihat perangkat yang diotaki oleh prosesor ini tahun depan. (*)

Sumber: GizmoChina