pulsa-logo

Huawei Sedang Garap OS Kirin


Nariswari

Kamis, 31 Mei 2018 • 14:16

OS Kirin


Ilustrasi: Ponsel Huawei, Foto: PULSAIlustrasi: Ponsel Huawei, Foto: PULSA

Sebuah undangan peluncuran Honor Play yang ditujukan untuk media telah menyeruak di dunia maya. Tertulis di undangan tersebut seuntai kata “groundbreaking experience” atau kurang lebih berarti menjanjikan pengalaman inovatif di smartphone tersebut. 

Akan tetapi, tidak dijelaskan fitur atau spesifikasi inovatif apa yang disebut inovatif yang akan dihadirkan di Honor Play. Hanya saja, ada kata "Game 4D" namun tidak menjelaskan fitur apa di dalamnya. Kini sebuah informasi terbaru menunjukkan bahwa setidaknya sebagian dari inovasi di balik semua janji Huawei ini adalah kemungkinan merupakan OS Kirin  yang sedang dikembangkan oleh Huawei, yang nantinya akan dijalankan di Honor Play.

Dijuluki OS Kirin, sistem operasi ini akan didasarkan pada Linux. Ketika berbicara tentang inovasi di Honor Play, CEO  Huawei sempat menggunakan metafora ‘terbang di langit’ untuk menggambarkan kecepatan kinerja smartphone Honor Play. Salah satunya dikarenakan OS kustom yang disesuaikan tersebut.

Adapun Game 4D kabarnya akan didasarkan pada teknologi AI, yang didukung oleh kamera (serupa dengan apa yang kita lihat di Honor 10). Honor Play akan menampilkan layar berukuran 5,84 inci dengan resolusi 1.080 x 2.280 piksel, dan smartphone ini akan dibekali dengan baterai berkapasitas daya 2.900 mAh.

Di sektor fotografi, Honor Play dibekali dengan dual kamera utama dengan kombinasi resolusi 13 MP + 2 MP, sedangkan kamera selfie memiliki sensor 16 MP.

Honor Play didukung oleh RAM 4GB dan ROM 32GB atau 128 GB. Anehnya, tidak tersedia opsi ROM 64GB. Dan kapasitas memori dapat diperluas melalui hadirnya slot microSD. (*)

Sumber: 1, 2