pulsa-logo

Hands-on: Asus Zenfone Live L1, Tebar Pesona di Segmen 1 Jutaan


Fauzi

Senin, 04 Juni 2018 • 16:02

Asus Zenfone Live L1


Image: PULSAImage: PULSA

Belum lama ini Asus merilis satu smartphone terjangkau bertajuk Zenfone Live L1 di Indonesia. Banderol smartphone yang ada di kisaran Rp1 jutaan, sejatinya tidak terlalu menguras kocek. Lalu, apa yang hendak ditawarkan Asus lewat jagoannya yang satu ini. Simak saja uraian berikut.

Desain

Menyoal bentuknya, secara umum Asus Zenfone Live L1 tampil seperti smartphone kebanyakan, khususnya yang membidik segmen low-end. Diracik dengan desain unibodi, Asus Zenfone Live L1 nampak dibalut dengan material plastik dengan sapuan warna hitam dove yang membuat perangkat tidak terasa licin.

Area depan smartphone, nampak didominasi oleh panel layar berukuran 5.5 inci yang sudah mengadopsi kaca lengkung 2.5D. Perlu dicatat, Asus Zenfone Live L1 sudah mengadopsi rasio layar 18:9 yang cukup kekinian. Imbasnya, meski ukuran layarnya tergolong besar, tapi bodi smartphone secara keluruhan terasa cukup ramping. Dimensi keseluruhan smartphone ada di kisaran 147,3 x 71,8 x 8,2 mm yang membuatnya nyaman digenggam dan diakses dengan satu tangan.

Nampak di area depan, khususnya di bagian atas smartphone bertengger seperangkat komponen, seperti lampu indicator, lampu flash LED, receiver, dan sensor kamera depan. Di bagian bawah layar nampak dibiarkan kosong tanpa komponen apa pun.

Beralih ke area sisi sebelah kanan, terlihat ada dua tombol, yakni tombol volume dan tombol power. Sementara di area sebaliknya, yakni di ruas sisi kiri hanya terdapat slot kartu SIM dan microSD. Bila jack audio 3.5 mm berada di sisi atas, maka di sisi bagian bawah terdapat port microUSB yang diapit lubang speaker. Adapun di bagian belakang, seperti biasa di sini bisa ditemui adanya sensor kamera utama beserta LED flash-nya, tepat di sayap kiri bagian atas.

Display


Seperti sudah diurai, di sektor display Asus Zenfone Live L1 dikemas dengan layar berukuran 5.5 inci dengan aspek rasio memanjang 18:9. Untuk resolusinya, smartphone ini sudah cukup memadai, yakni 720 x 1440 piksel. Dengan ukuran 5.5 inci dan resolusinya yang HD+, layar smartphone ini bisa memancarkan konten dengan kepadatan hingga ~293 ppi. Jenis layarnya yang digunakan Asus Zenfone Live L1 sendiri tak lain adalah IPS LCD yang tergolong cukup mainstream.

Sekilas mengenai layarnya, dari sisi responsitivitasnya Asus Zenfone Live L1 tergolong cukup baik. Pancaran konten dan tingkat kecerahan warnanya juga baik. Adapun untuk akses multi-touch, berdasarkan uji yang penulis lakukan, layar smartphone diketahui bisa diakses secara bersamaan sebanyak lima titik.

Android 8.0 Oreo

Menyasar segmen entry-level, Zenfone Live L1 sudah membenamkan sistem operasi Android 8.0 Oreo, Meski tak disebutkan secara tegas apakah antarmuka smartphone ini sudah dimodifikasi, namun nampak terlihat citarasa yang bisa kita dapat dari smartphone Asus dengan ZenUI di dalamnya.

Secara umum antarmuka smartphone sudah sangat sederhana dan simpel. Aplikasi bawaan yang disajikan juga tidak terlalu banyak. Jadi, kalau di dalamnya tidak terdapat aplikasi populer yang biasa digunakan pengguna, jalan satu-satunya kita harus mendownload-nya via Google Play Store.

Bila ada aplikasi yang bermanfaat, mungkin salah satunya adalah Mobile Manager, yang di dalamnya ada beberapa menu, seperti untuk melihat penggunaan data (data usage), PowerMaster, Memory Cleaner, Notifications, CleanUp, dan Security & Permission.

Kamera

Sesuai dengan target segmen yang dibidiknya, sektor alat pengabadi momen pada Asus Zenfone Live L1 sudah relatif setara dengan smartphone dengna segmen yang sama. Di sini kita ditawarkan sebuah fotografi mobile dengan sensor utama 13 MP (f/2.0) lengkap dengan segala tributnya, seperti phase detection autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama, dan perekaman video 1080p@30fps.

Sementara kamera depan yang biasa digunakan untuk selfie memiliki resolusi 5 MP yang dilengkapi dengan LED flash.

Berikut hasil bidik kamera belakang Asus ZenFone Live L1.

Jeroan

Dari lembar spesifikasinya, Asus Zenfone Live L1 ditopang oleh spesifikasi pendukung kinerja antara lain prosesor quad-core 1.4 GHz Cortex-A53 Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 ditandem dengan pengolah grafis Adreno 308.

Pada unit yang PULSA pegang ini Asus Zenfone Live L1 datang dengan RAM 2 GB dan memori internal 16 GB yang bisa diperluas via kartu microSD.

Sedikit mengenai kinerjanya, berdasarkan uji benchmark menggunakan software AnTuTu, smartphone ini memiliki skor 39854.

Tidak ketinggalan, di sektor penyuplai daya smartphone ini ditenagai oleh baterai berkapasitas 3000 mAh.

Mau tahu Asus Zenfone Live L1 lebih lengkap lagi, tunggu saja review-nya nanti.