pulsa-logo

Skor Kamera Xiaomi Mi 8 Kalahkan iPhone X dan Galaxy S9


Nariswari

Senin, 04 Juni 2018 • 17:15

Kamera terbaik,DXoMark,Mi 8,iPhone X,skor kamera Mi 8,smartphone kamera terbaik,zenfone 5 vs Mi 8


Mi 8Mi 8

Berselang beberapa hari yang lalu, tepatnya di hari Kamis (31/5 2018) Xiaomi secara resmi meluncurkan smartphone andalan terbarunya yakni Xiaomi Mi 8. Smartphone ini hadir dengan desain yang agak  mirip iPhone X. Dan siapa mengira, bahwa ternyata Mi 8 memiliki kinerja kamera jauh melampaui iPhone X!Tidak percaya?

Sementara Xiaomi Mi 8 belum secara merata mencapai pasar internasional, DxOMark telah berhasil menguji kinerja kamera Mi 8 untuk menunjukkan kinerja kamera yang dimiliki oleh smartphone ini, terutama dalam hal optik.

Xiaomi Mi 8 telah mendapatkan skor keseluruhan 99, yang di mana skor ini jauh melebihi nilai yang diberikan DxOMark Image Labs kepada iPhone X tahun lalu. Skor keseluruhan  yang dimiliki oleh Mi 8 tersebut, sama dengan Galaxy S9+ yang menempatkannya pada posisi ke-empat pada Maret tahun ini.

DXoMar via NDTVDXoMar via NDTV

Sesuai hasil tes benchmark DxOMark, Xiaomi Mi 8 memperoleh skor kualitas foto sebesar  105 dari tim DxOMark, sementara kemampuan perekaman videonya mendapat skor 88.

Adapun pemimpin peringkat DxOMark adalah Huawei P20 Pro yang mendapat  skor keseluruhan 114 dan 98 untuk skor perspektif kamera. Tempat kedua diduduki HTC U12 +  yang mendapat skor masing-masing  106 dan 95. Di tempat ketiga ditempati oleh Huawei P20 yang mendapatkan skor masing-masing 107 dan 94.Kemudian di tempat keempat ditempati oleh Xiaomi Mi 8 yang memperoleh skor 99  dan Samsung Galaxy S9+ yang mendapat skor masing-masing 104 dan 91. Barulah di posisi kelima ada Google Pixel 2 yang mendapat skor masing-masing 99 dan 96. Lalu peringkat ke berapa iPhone X? Ternyata iPhone X  menempati posisi keenam yang hanya memperoleh skor masing-masing 101 dan 89 untuk skor kualitas foto dan kemampuan perekaman videonya.

Sementara itu, Xiaomi telah menghadirkan beberapa perbaikan kualitas kamera di Mi 8 yang menyamai kualitas kamera Mi Mix 2S.  Handset ini diklaim mampu menangkap gambar-gambar yang tajam dan sangat detail, bersama dengan eksposur yang akurat dan warna-warna alami/ natural.


Dalam hal cahaya rendah, DxOMark menilai bahwa Xiaomi Mi 8 sebagai perangkat yang sangat bagus untuk mengabadikan gambar dalam kondisi cahaya rendah atau minim. Dikatakan bahwa Mi 8 memiliki kontrol eksposur yang akurat dan keseimbangan wana putih yang sangat bagus. Namun, tim DxOMark menemukan efek warna kuning-hijau pada beberapa jepretan foto. Sama halnya dengan masalah  autofokus yang terkadang mengalami penundaan/ jeda untuk menyesuaikan fokus. Untuk gambar still photo, juga ditemukan  beberapa detail gambar yang hilang dalam beberapa kasus ketika pengambilan gambar berada di tempat remang. 

Kinerja zoom dari Xiaomi Mi 8 lebih baik bila dibandingkan dengan Mi Mix 2S karena handset baru Xiaomi ini telah meningkatkan kualitas autofocus yang lebih halus dari perangkat keras sebelumnya.

Di fitur perekaman video, tim DxOMark telah menemukan autofocus sebagai kekuatan utama dari fitur ini yang diklaim sangat cepat, akurat, dan menawarkan kemampuan pelacakan yang baik saat menangkap gerakan objek saat direkam. Warna dalam video tetap bagus meskipun pengambilan gambar dilakukan dalam kondisi minim cahaya.

Di departemen fotografi, Xiaomi  Mi 8 dibekali dengan dual kamera utama yang terdiri dari sensor utama 12 megapiksel dengan aperture f / 1.8 dan optical image stabilization (OIS) dan sensor kamera  sekunder 12 megapiksel dengan aperture f / 2.4,  yang mampu menawarkan zoom optik 2x. Kedua sensor mendukung fitur dual pixel PDAF. (*)

Sumber: 1 2