pulsa-logo

Angka-Angka yang Bikin XL 'Pede' Saat Musim Mudik


Arief Burhanuddin

Selasa, 05 Juni 2018 • 00:31

xl axiata, persiapan mudik xl, jaringan xl, 8500 btx


 

Aktifitas mudik dan berlibur pengguna seluler merupakan 'ujian' sesungguhnya bagi operator, tak terkecuali XL Axiata. Tak ingin kehilangan momentum, mereka memastikan sebagian besar jalur mudik utama dapat terlayani dengan jaringan data 4G LTE. 

 

Di sepanjang Pulau Jawa, jaringan 4G LTE XL telah meng-cover lebih dari 96% jalur jalan raya. Sementara itu, untuk jalur kereta api Jakarta – Surabaya, jaringan 4G LTE telah menyelimuti lebih dari 90%. 

 

Tidak hanya di Jawa, jaringan 4G LTE XL Axiata juga sudah bisa dinikmati masyarakat di 94% area di sepanjang jalur mudik utama Sumatera dan 66% area jalur mudik di Kalimantan. Dengan demikian, XL Axiata berharap masayarakat dan pelanggan bisa mendapatkan layanan akses digital yang lebih baik lagi untuk mendukung aktivitasnya selama pulang kampung dan libur panjang Lebaran.

 


Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya mengatakan, “Untuk Lebaran tahun ini, kami sudah berkomitmen untuk bisa menyajikan 3 hal dalam pada layanan akses digital, yaitu jadi lebih luas, lebih cepat, dan lebih nyaman. Hal ini sekaligus merupakan bagian dari rencana besar pembangun jaringan data berkualitas yang telah berjalan selama ini. Jaringan 3G/4G XL Axiata semakin luas dengan penambahan 8500 BTS baru sebelum Lebaran 2018. Saat ini, mustinnya semakin banyak masyarakat dan pelanggan yang bisa mendapatkan akses digital karena jaringan data XL Axiata telah menjangkau 93% populasi Indonesia, termasuk kabupaten dan kecamatan di luar Jawa”.

 

Khusus untuk koneski 4G LTE, XL Axiata sudah menyediakan layanan ini di semua kota-kabupaten di Jawa dan sebagian besar di Sumatera serta Kalimantan. Demi meningkatkan kualitas akses digital, secara teknis, XL Axiata telah menerapkan sejumlah teknologi terkini untuk meningkatkan kualitas layanan data. 

 

Beberapa di antaranya adalah Network Function Virtualization Core, Spektrum Wideband 4G, dan teknologi 4.5G. Termasuk dalam Teknologi 4.5G ini adalah LAA Spectral Efficiency, Carrier Aggregation 256 QAM, serta 4T4R 4X4 MIMO. Saat ini, layanan 4.5G sudah tersedia di sekitar 100 kota.

 

Karena itu menurut Yessie, XL Axiata tak begitu kesulitan untuk memperkuat jaringan di sepanjang jalur utama transportasi darat di pulau-pulau besar tersebut. Di Jawa, jalur Pantai Utara dan Pantai Selatan, termasuk di sepanjang jalur kereta api, hampir semuanya telah terselimuti layanan 4G LTE. Hal ini juga tak terlepas dari upaya perluasan jaringan internet cepat 4G LTE secara cepat dan terus menerus di semua area di Jawa dan luar Jawa dalam dua tahun terakhir. 

 

Bahkan, untuk mendukung mudik tahun ini, XL Axiata pun telah menyiapkan jaringan internet cepat tersebut di sepanjang jalur jalan tol trans Jawa, dari Jakarta – Surabaya, termasuk di banyak ruas tol baru. Ini juga mencakup ruas tol yang masih fungsional. 

 

Hasilnya, lebih dari 97% area sepanjang tol dari Jakarta hingga Surabaya itu sudah terlayani dengan jaringan 4G LTE. Untuk jalur utama non tol yang menyusuri sepanjang pantai utara Jawa, ruas yang ter-cover 4G LTE mencapai lebih dari 95%, dan jalur non-tol Pantai Selatan mencapai sekitar 90%. Pada jalur kereta api, lebih dari 90,5% terselimuti 4G LTE.

 

Untuk memperkuat kualitas jaringan di berbagai lokasi karena bertambahnya jumlah pengguna dan trafik di suatu area, XL Axiata juga meningkatkan kapasitas radio transmisi dan menempatkan sedikitnya 49 unit mobile BTS. Area yang rawan terjadi lonjakan trafik termasuk di tempat-tempat pemberangkatan transportasi massal seperti bandar udara, terminal bus, pelabuhan laut, serta tempat penyeberangan antarpulau. 

 

Selain itu juga di lokasi tujuan wisata dan pusat perbelanjaan. Tambahan perangkat ini diharapkan akan bisa menjaga kualitas layanan kepada pelanggan yang melakukan perjalanan mudik. Untuk memastikan kualitas jaringan di jalur dan tujuan mudik serta lokasi liburan, XL Axiata juga telah melakukan uji jaringan secara komprehensif.