pulsa-logo

Terungkap! Ini Dia 25 Fitur Tersembunyi di iOS 12


Nariswari

Selasa, 05 Juni 2018 • 12:01

IOS 12,Apple,iphone,update iOS,downgrade iOS,ioS terbaru


Pada event Worldwide Developers Conference (WWDC) 2018 yang diselenggarakan oleh Apple pada tanggal 4-8 Juni 2018, Apple memilih momen tersebut untuk memperkenalkan  versi terbaru perangkat lunak, iOS versi terbaru dan berbagai fitur pendukungnya.

Meskipun ada beberapa “sentuhan baru” dari update perangkat lunak dan perbaikan  di dalamnya, iOS 12 yang merupakan versi teranyar dari sistem operasi yang dikembangkan Apple tersebut ternyata masih “menyimpan” puluhan fitur rahasia yang tersembunyi di iOS 12. Dan tidak banyak yang mengetahui keberadaan fitur tersebut!

Setidaknya ada 25 fitur yang tersembunyi di update terbaru iOS 12, antara lain:

1. Menjawab panggilan dan melakukan obrolan melalui HomePod atau Apple Watch

Melalui update iOS 12, FaceTime ternyata juga mendapat pembaruan besar dengan penambahan obrolan video grup . Dan tidak hanya itu. Anda bisa menjawab panggilan dan melakukan obrolan bahkan melalui Apple Watch dan HomePod. Dan tentunya kedua perangkat tersebut telah siap dengan fitur audionya saja, bukan panggilan video call (mengingat kedua perangkat tersebut tidak memiliki kamera). Nemun Anda dapat melakukan conference call melalui FaceTime di manapun, tanpa perlu repot menjinjing smartphone.

2. Deteksi kedipan (Wink Detection)

Di update iOS 12, ada fitur baru tersembunyi di Animoji. Yakni Wink Detection. Ada banyak fitur detection di Animoji seperti senyuman,dan deteksi lidah yang menjulur. Apple berusaha melakukan peningkatan Animoji, dengan menghadirkan Wink Detection. Fitur ini akan bekerja saat melihat mata Anda mengedip – dan Animoji yang tertampil di layar juga akan berkedip-kedip. Hasil animasi Animoji dengan kedipan mata tersebut bisa langsung Anda kirimkan ke teman.


3. iPad Miliki Sensor Gesture Mirip iPhone X

Nah, fitur ini adalah sesuatu yang akan disukai siapa pun yang merupakan pemilik iPad. Kini, Anda sekarang dapat menggesek ke atas dari bagian bawah layar untuk masuk ke Home, sama  seperti sistematika menggunakan iPhone X.  Anda juga akan dapat mengakses Control Center dengan menarik turun layar dari sudut kanan atas.

4. Kualitas Pencahayaan di Modus Potret Yang Lebih Baik

Di fitur kamera, jika Anda menggunakan modus Portrait Lighting  di salah satu iPhone seri terbaru dengan kamera ganda, Anda akan menemukan pada bagian tepi gambarnya  akan kurang maksimal. Terutama dalam mode hitam dan putih. Dengan update iOS 12, Apple menyertakan pembaruan juga untuk modus Portrait Lighting  yang  metode “pemisahan” yang sangat efektif dari tiap adegan, yang berarti bahwa  tiap gambar portrait yang memuat foto selfie wajah Anda akan terlihat lebih detail dan dan bagus.

5. QR Reader Versi Baru

Salah satu fitur tersembunyi yang mendapat perbaikan dari update iOS 12 adalah QR Reader versi baru. QR Reader versi baru di iPad atau iPhone ini akan jauh lebih mudah memindai  karena kamera akan secara otomatis mengambil kode QR dalam tiap adegan, membuatnya lebih mudah untuk dipindai secara akurat.

6. Auto ‘Strong’ Password

Dengan iOS 12,  Apple meningkatkan fitur Auto password  di 1Password dan LastPass dengan secara otomatis yang membuat dan menyimpan kata sandi Anda menjadi lebih 'kuat', terutama dalam layanan Safari dan berbagai layanan dan aplikasi di  iOS.

7. Apple Akan Menandai Pengguna Multi-Platform

Sejauh ini memang belum terlalu jelas bagaimana cara kerja fitur ini, namun nantinya iPhone secara eksplisit akan menandai Anda jika menggunakan password yang sama di beberapa platform. Apple akan mengirimkan semacam notifikasi ke Anda, dan menawarkan  pengubahan password yang lebih kuat dan disimpan oleh iPhone dan dibedakan dari perangkat lain.

8. Critical Alerts

Di update iOS 12 , ada fitur tersembunyi lainnya yakni Critical Alerts. Fitur ini sangat dibutuhkan di saat-saat penting. Aplikasi tertentu akan dapat menembus fitur “Do Not Disturb”, yang berarti aplikasi kesehatan atau kontak dari orang yang dicintai akan dapat menghubungi Anda pada waktu yang tepat atau saat kritis.

9. Lajur aplikasi yang lebih kecil saat mengetik dalam pesan

Melalui update iOS 12, Apple mengubah desain lajur strip aplikasi yang lebih sesuai, yang dapat Anda gunakan saat mengetik di iMessages. Fitur ini sangat berguna, karena tetap menjanjikan kenyamanan Anda saat mengetik pesan di iMessage.

10. Silent Notifications

Selama ini Instant Tuning selama ini digunakan untuk menyesuaikan tone pemberitahuan/ notifikasi Anda yang masuk ke smartphone Anda, dan melalui update iOS 12,  Apple membuatnya menjadi lebih mudah dengan pembaruan aplikasi di Notification Center.

11. View AR di Lebih Banyak Dukungan File

Di update iOS 12, Apple diam-diam menghadirkan dukungan format file USDZ yang mendukung pengalaman AR.  Dan sebagian besar konsumen akan menemukan bahwa perangkat lunak baru ini akan memungkinkan Anda untuk berbagi pengalaman AR ini di seluruh File, Mail, Pesan, dan Safari.

12. Photo From Events

Setelah update iOS 12, nantinya Anda akan  jauh lebih mudah dalam  mencari foto Anda, dengan lebih banyak pilihan untuk menemukan foto yang Anda inginkan. Meskipun sejauh ini kita belum mengetahui bagaimana cara mengidentifikasi foto-foto tersebut, namun Apple mengatakan bahwa iOS 12 akan memungkinkan Anda mencari dan memilah dan mengkategorikan foto  menggunakan kategori acara sebagai istilah umum.

13. Dukungan Foto RAW

Kini Anda dapat mengimpor dan mengelola foto dalam format RAW di iPad dan iPhone Anda, dan jika Anda memiliki unit iPad Pro, kini Anda akan dapat langsung  mengeditnya pula, berkat peningkatan dalam perangkat lunak baru yang dihadirkan di iOS 12.

14. Durasi Animoji Yang Lebih Panjang

Berapa lama durasi Anda dapat membuat pesan Animoji selama ini? Sebagian besar  konsumen Apple menyayangkan animasi Animoji terlalu singkat atau terlalu pendek. Nah, dengan update iOS 12, Apple menghadirkan animasi dengan durasi yang lebih panjang yakni sekitar 30 detik.

15. Pencarian beberapa kata kunci dalam Foto

Melalui update iOS 12, sekarang Anda dapat melakukan referensi silang terkait apa saja yang pernah terjadi hanya dengan mengetikkan bebeapa kata kunci di Galeri Foto Anda. Apple juga kini melakukan pembaruan perangkat lunak di Galeri Foto yang memungkinkan Anda dengan mudah bisa menemukan gambar yang tepat sesuai dengan yang Anda cari di Galeri Foto Anda. Dan untuk membuat pencarian lebih spesifik, Anda tinggal memasukkan dua kata seperti ‘kucing hitam’ dan ‘pohon palem’ untuk mencari gambar spesifik di Galeri Foto.

16. Segmentasi Potret

Sebagai bagian dari pembaruan iOS 12, Apple menghadirkan  update di Mode Portrait yang lebih baik dalam kamera, dan aplikasi pihak ketiga akan dapat menggunakan perangkat lunak untuk memisahkan latar depan dan latar belakang untuk menghadirkan berbagai efek-efek keren yang baru.

17. Siri Lebih Pintar Soal Motorsport

Di update iOS terbaru, Apple juga membuat Siri jadi lebih pintar, terutama soal motorsport, dan formula 1. Jadi anda tidak perlu ragu lagi untuk bertanya ke Siri,  'Hei Siri, siapa yang memenangkan kejuaraan dunia Formula 1 sekarang?' Nah, Siri dengan cerdas bisa menyuguhkan info tersebut, dengan memberikan berbagai pencarian web ...' dan  Siri sekarang bisa ngobrol dengan Anda secara langsung tentang fokus topik obrolan motorsport.

18. Siri Kini Dukung Lebih 40 Pasangan Bahasa Terjemahan

Tahukah Anda bahwa Siri bisa menerjemahkan bahasa? Yah, Siri sekarang mendukung lebih dari 40 pasangan bahasa untuk membantu Anda mengajukan pertanyaan-pertanyaan bodoh dalam bahasa lain.

19. Siri Kini Bisa Munculkan Gosip Artis

Bagi Anda yang senang dan mengikuti  gossip artis, update iOS 12 akan memunculkan fitur baru di Siri yakni lebih memperluas fitur gossip artis. Kini, Anda bisa bertanya berbagai hal terkait artis, bahkan bertanya tentang film, karya, atau buku terbaru yang telah dirilis oleh si publik figure tersebut.

20. Siri ‘Lebih Cerdas’ Tentang Pengetahuan Kuliner

Melalui update iOS 12,  Apple meningkatkan  pengetahuan  Siri jadi lebih cerdas tentang pengetahuan kuliner. Siri kini lebih banyak tahu  tentang makanan, termasuk jika Anda mengajukan pertanyaa seperti ini,  “Seberapa sehat sih ikan?”. Informasi tersebut akan diambil oleh Siri dari berbagai rujukan termasuk  situs web USDA (US Department of Agriculture) dan dapat memberi info tentang bahan-bahan, konten makanan, dan kalori ketika Anda ingin menjaga pola diet Anda.

21. Menemukan Kata Sandi Dengan Siri

Siri kini tak hanya memungkinkan jadi lebih cerdas dalam menjawab tiap pertanyaan anda, akan tetapi Apple membuat Siri dapat mengingat kata sandi Anda - dan Anda hanya perlu bertanya ke Siri  seperti kakek yang lupa untuk tentang sebuah kepingan informasi ke cucunya.

22. Security Code Autofill

Untuk sementara ini, fitur ini adalah sesuatu yang dinikmati pengguna perangkat berbasis OS Android  - tetapi jika Anda menggunakan two-factor otentikasi dan Anda akan mendapatkan semacam notifikasi teks. Melalui update  iOS 12 sekarang perangkat  iPhone dapat membaca pesan yang Anda dapatkan dengan code dan autofill otomatis untuk Anda.

23. Perangkat dapat berbagi kata sandi

Anda dapat berbagi kata sandi dari iPhone atau iPad ke Mac atau Apple TV tanpa repot lagi. Sehingga semua perangkat Apple yang Anda miliki, bisa dengan mudah Anda gunakan dengan kata sandi yang sama.

24. Info baterai lebih lengkap

Ingin tahu mengapa ponsel Anda hampir kehabisan baterai sepanjang waktu? Nah, dengan iOS 12 Anda akan mendapatkan info tentang penggunaan Anda selama 24 jam terakhir, atau 10 hari, dengan cukup mengetuk pada bagan informasi battery. Dan dari situ, Anda bisa membuka informasi dari setiap aplikasi yang menguras daya smartphone Anda.

25. Kamus dengan bahasa baru

Anda tidak hanya mendapatkan pengayaan kata-kata bahasa Inggris baru yang berhubungan dengan thesaurus, akan tetapi di iOS 12  juga akan menampilkan kamus bilingual berbahasa Arab dan Inggris, kamus dwibahasa berbahasa Hindi dan bahasa Inggris, dan kamus Ibrani/ Hebrew  untuk membantu Anda mempelajari kata-kata lain yang lebih mendalam  di lebih banyak bahasa. (Nariswari)

Sumber: TechRadar

    2018-12-05 14:42:20


    iPhone 4S di Tahun 2018?