pulsa-logo

Ini Dia Jam Pinter Terbaru Asus, Bisa Ukur Tekanan Darah


Nariswari

Selasa, 05 Juni 2018 • 12:28

Ini Dia Jam Pinter Terbaru Asus, Bisa Ukur Tekanan Darah


Asus Vivowatch BPAsus Vivowatch BP

Di event Computex 2018 yang berlangsung dari tanggal 5-9 Juni 2018 di Taipei, menjadi kesempatan emas bagi Asus untuk memperkenalkan produk andalan terbarunya yakni Asus VivoWatch BP. Sesuai dengan namanya, Asus VivoWatch BP adalah smartwatch yang dilengkapi dengan fitur pengukur tekanan darah. Dan Asus VivoWatch BP adalah smartwatch pengukur tekanan darah pertama di dunia.

Asus mengambil fokus yang lebih mendalam pada pengukuran kesehatan di luar fitur pedometri murni untuk memberi Anda gambaran yang lebih rinci tentang apa yang terjadi di dalam tubuh Anda, dengan menghadirkan fitur pengukur tekanan darah yang diklaim sebagai yang pertama di dunia.

Sebenarnya, Rival Omron pernah mengumumkan jam tangan pintar yang dilengkapi dengan pengukur tekanan darah di event CES 2018  pada bulan Januari 2018, akan tetapi sejak itu belum ada kabar kelanjutan produk tersebut.

Asus VivoWatch BP adalah jam tangan pintar yang mampu mengukur tekanan darah Anda hanya dalam waktu 15 detik, seacar akurat  tanpa perlu perangkat besar atau manset yang menggelembung seperti yang Anda lihat di perlengkapan kedokteran. Anda cukup memegang smartwatch ini dengan menggunakan jari telunjuk Anda di bagian depan jam dan beberapa saat kemudian Anda akan mendapatkan pembacaan dari tekanan darah Anda di layar smartwatch.

Butuh waktu sekitar 23 detik untuk memunculkan hasil pembacaan tekanan darah di layar, dan jelas ini  tetap masih terasa jauh lebih efektif, efisien dan lebih cepat daripada antri dan duduk berlama-lama di ruang praktek dokter.

Asus VivoWatch BP bekerja dengan menggabungkan sensor EKG standar medis yang ditempatkan di belakang (yang bersentuhan dengan pergelangan tangan Anda) untuk membaca detak jantung Anda dengan sensor optical PPG untuk membaca aliran darah Anda di jari telunjuk Anda. Dan hasilnya akan memberikan gambaran bagi Anda angka sistolik dan diastolik atas dan bawah Anda, serta detak jantung Anda.

Asus VivoWatch BP juga memiliki aplikasi yang menyertainya yang akan membantu pengguna melacak dan meningkatkan pelacakan kesehatan pengguna dengan memetakan tekanan darah, kebugaran dan pelacakan pola/ kualitas tidur. Aplikasi ini juga menampilkan Asus "HealthAI" untuk menawarkan rekomendasi untuk meningkatkan gaya hidup sehat untuk Anda.


Adapun  spesifikasi kunci dari Asus VivoWatch BP antara lain Sensor ECG "medis-grade" (belakang) dan sensor PPG optik (depan) mengukur tekanan darah dalam  waktu hanya 15-25 detik. Dilengkapi dengan masa pakai baterai 28 hari dalam mode normal. Dapat  mengukur dan melacak detak jantung, kualitas tidur dan melacak kebugaran pengguna.

Fitur HealthAI menghubungkan tekanan darah dengan pola gaya hidup pengguna untuk memberikan saran dan informasi kesehatan yang lebih baik ke penggunanya. Tak hanya itu, perangkat ini akan mendampingi aplikasi lain yang bertugas  untuk melacak data kesehatan untuk dibagikan dengan profesional medis.

Namun sayangnya, belum diketahui lebih jauh terkait dengan ketersediaan dan harga banderol dari Asus VivoWatch BP. (*)

Sumber: CNET