pulsa-logo

8 Alasan Asus ROG Layak Jadi Smatphone Gaming Terkeren


Nariswari

Rabu, 06 Juni 2018 • 11:49

Asus,Asus ROG,Razer phone,blackshark,xiaomi,smartphone gaming


Setelah Xiaomi Black Shark dan Razer Phone menggebrak pasar smartphone gaming beberapa minggu yang lalu, kini giliran Asus yang mencoba peruntungan di ceruk ini dengan memperkenalkan smartphone gaming perdana di line-up Republic Of Gaming (ROG) yakni Asus ROG. Merek Asus “ROG” adalah pisi game perusadari Asus yang selama ini sukses mempopulerkan perangkat PC, komponen PC game, periferal, dan aksesori untuk perangkat gaming.

Smartphone yang diperkenalkan di event Computex 2018 di Taipei tersebut memang didesain sangat mencirikan identitas gaming.  Asus mengungkapkan bahwa smartphone gaming perdana mereka ini memang dirancang dengan spesifikasi, fitur, dan aksesori khusus untuk gaming.  Dan tidak berlebihan jika disebutkan bahwa Asus ROG adalah smartphone gaming terkeren yang pernah tercipta, karena smartphone tersebut dibekali dengan spesifikasi, fitur, dan aksesori pendukung untuk Asus ROG Phone yang membuatnya terlihat seperti mesin game yang sesungguhnya. Bukan sekedar smartphone biasa!

Berikut setidaknya ada 8 alasan mengapa Asus ROG layak dinobatkan sebagai smartphone gaming paling keren yang layak Anda miliki!

1.    Estetika Desain Smartphone Gaming

Di bagian depan, Asus ROG terlihat kurang lebih seperti smartphone biasa, tetapi memiliki spesifikasi ekstra kuat jika dibandingkan dengan smartphone Android high-end. Balik ke belakang, dan Anda mulai mendapatkan estetika smartphone gaming  yang sesungguhnya. Bagian belakang smartphone Asus ROG memiliki estetika gamer yang cukup khas, yang dirancang  lengkap dengan logo Asus ROG yang dapat menyala dalam warna yang berbeda. Jenis lampu warna-warni ini dikenal sebagai "RGB" dan sangat khas yang ditampilkan di  PC game. Jika Anda selama ini menggunakan perangkat PC gaming Asus, pasti  sudah mengenal lighting RGB tersebut, dan kerennya, fitur tersebut hadir di smartphone yang Anda genggam sehari-hari.

2.    Performa Super Kuat

Bicara soal performa Asus ROG, Anda akan menemukan  dukungan dari prosesor Qualcomm  Snapdragon 845 yang digunakan oleh sebagian besar smartphone Android high-end keluaran tahun 2018. Namun ada satu perbedaan utama: Mmodel chip di smartphone Asus ROG telah "di-overclock" menjadi 2.96GHz, sedangkan chip Snapdragon 845 khas yang dijalankan di sebagian besar smartphone Android high-end masih berkutat di-clock speed  2.8GHz. Gokil kan?


Penggunaan processor ini didukung dengan daya pemrosesan ekstra 160MHz. Ini merupakan kinerja yang sedikit berbeda dibandingkan dengan chip Snapdragon yang khas, tetapi ini diklaim jauh lebih kuat daripada smartphone Android premium lainnya seperti Samsung Galaxy S9.

Asus ROG dibekali dengan  RAM 8GB, sedangkan ponsel Android high-end kebanyakan hanya didukung oleh besaran RAM sekitar 4GB hingga 6GB. RAM super besar tersebut akan memungkinkan Asus ROG dapat bekerja lebih lancar, smooth dan tidak diragukan lagi membantu kinerja game lebih mantap dan stabil.

3.    Dukungan Layar Yang Lebih Bagus

Selain memiliki spesifikasi yang lebih kuat, Asus ROG dibekali oleh komponen layar  yang disesuaikan untuk kinerja game yang lebih baik daripada kebanyakan smartphone premium yang beredar di pasaran. Asus ROG memiliki layar berjenis AMOLED dengan refresh rate 90Hz, yang berarti dapat melakukan refresh rate 90 kali per detik. Sebagian besar ponsel pintar memiliki layar dengan tingkat refresh rate hanya 60Hz. Pada dasarnya ini berarti bahwa layar Asus ROG dapat menampilkan gambar 90fps ( frame per second) yang tentu akan terlihat lebih halus dari kualitas layar dengan 60 fps. Ambil contoh misalnya Razer Phone yang memiliki refresh rate 120HZ yang mengalahkan Asus ROG. Namun,  Asus ROG memiliki layar berjenis AMOLED yang tentu jauh lebih unggul dibandingkan dengan layar LCD reguler yang ditampilkan di Razer Phone. Layar AMOLED dapat menghasilkan gradasi dan saturasi warna yang lebih dalam dan tingkat kontras yang jauh  lebih baik daripada layar LCD.

businessinsiderbusinessinsider

4.    Sistem Pendinginan

Dengan dibekali spesifikasi dan kekuatan ekstra tersebut, maka berarti Asus ROG akan memiliki suhu panas yang ekstra, jika dibandingkan smartphone biasa. Setelah Anda memulai nge-game, prosesor ekstra kuat di Asus ROG  dapat menghasilkan lebih banyak suhu panas daripada ponsel Android high-end Anda biasanya. Tapi Asus  menyiasati hal ini dengan cara yang sangat jitu. Asus ROG menyertakan kipas built-in untuk mendinginkan smartphone saat Anda bermain game dalam durasi yang agak lama. Dengan sendirinya, Asus ROG memiliki sistem pendinginan di atas standar yang Anda temukan di sebagian besar smartphone Android high-end.

Pada ambang panas tertentu, prosesor generasi terbaru yang digunakan oleh Asus ROG benar-benar akan mengurangi kinerjanya, yang sering disebut “pelambatan termal.” Jadi Asus akan menyertakan aksesori untuk Asus  ROG yang memiliki kipas built-in untuk mengesampingkan resiko panas dari Asus  ROG. Pelambatan termal sangat dihindari oleh semua gamers dan di sinilah tantangan Asus untuk  mempertahankan kinerja Asus ROG tetap stabil, kinerja tetap tinggi, dengan suhu yang normal.

5.nbsp;   Asus ROG Dibekali Tombol Fisik Untuk Nge-game

Ini dia asyiknya Asus ROG. Untuk mendukung pengalaman nge-game yang maskimal, Anda  akan menemukan tombol “AirTrigger” di tepi kiri bodi Asus ROG yang bertindak seperti tombol game pada pengontrol konsol game pad untuk memberi Anda kontrol ekstra saat bermain game. Sehingga Adna dapat dengan asyik menekan berbagai tombol fisik khusus game yang disediakan oleh Asus ROG saat melakukan berbagai action di game seperti berjalan, menembak, dan sebagainya.

6.    Multi Pairing

Konektivitas dan pairing antar perangkat sangat berpengaruh dalam menhadirkan kenyamanan dan  meningkatkan pengalaman bagi pengguna. Menghubungkan Asus ROG ke monitor komputer, keyboard, dan mouse akan sangat sempurna untuk nge-game seperti versi mobile PUBG dan Fortnite. Anda akan mendapatkan kontrol game yang unggul dari keyboard dan mouse, dan visual ekstra dari monitor komputer ukuran penuh. Anda juga dapat menghubungkan Asus ROG ke TV Anda secara nirkabel.

Asus ROG yang terhubung dengan port, mendukung tampilan visual melalui monitor 4K dengan resolusi sangat tinggi, yang cukup mengesankan untuk perangkat seluler. Port juga dilengkapi dengan berbagai dukungan untuk terkoneksi dengan PC.

7.    Dukungan Aksesoris Keren

Selain didukung aksesoris pendingin, Asus ROG juga didukung aksesoris lainnya yang tidak kalah keren. Misalnya saja adalah TwinView yang bisa mengubah Asus ROG menjadi perangkat game genggam yang sesungguhnya dengan layar kedua dan lebih banyak tombol fisik game. Aksesori genggam TwinView memungkinkan Anda memikmati sensasi gaming dengan layar kedua. Dan jelas, ini adalah konsep yang sangat mirip dengan perangkat genggam 3DS Nintendo.

Selain itu Asus ROG juga didukung oleh aksesoris Dock WiGig yang merupakan aksesoris konsol gamepad yang cocok dipasangkan dengan Asus ROG, dan memiliki tombol permainan dan joystick yang digunakan oleg gamer di konsol konvensional. Dock WiGi juga dapat terhubung ke smart TV, dan dapat men-streaming game dari Asus ROG ke TV Anda.

8.    Ikuti Trend Fitur Dual Kamera

Asus ROG dilengkapi dengan sistem dual-kamera. Kamera utama memiliki kombinasi resolusi kamera 12MP + 8MP yang memiliki sudut ultra wide 120 derajat. Sedangkan kamera depan memiliki resolusi 8MP. Jelas, fitur kamera ini lumayan untuk sebagian besar smartphone premium yang memang sedang mengikuti trend dual kamera.

Smartphone gaming yang menyertakan fitur otentifikasi pemindai sidik jari ini kabarnya akan tersedia mulai musim panas tahun ini. Namun sayangnya, belum ada rincian tentang tanggal rilis atau harga pasti dari Asus ROG. (*)

Sumber: Businessinsider