pulsa-logo

Apple dan Xiaomi Dominasi Bisnis Piranti Sandang


Nariswari

Rabu, 06 Juni 2018 • 17:11

Apple dan Xiaomi Dominasi Bisnis Piranti Sandang


istimewaistimewa

Meski bisnis piranti sandang  tidak sebesar bisnis smartphone, akan tetapi bisnis ini tetap memiliki prospek yang menjanjikan. Maka tidak heran jika OEM global seperti Apple dan Xiaomi masih secara konsisten dan fokus menggarap bisnis tersebut. Bahkan menurut data terbaru yang dirilis oleh IDC menunjukkan bahwa Apple dan Xiaomi mendonasi bisnis piranti sandang global. Tidak percaya?

Berdasarkan data yang diterbitkan oleh IDC terbaru, diketahui bahwa Apple menduduki peringkat teratas daftar pengiriman perangkat wearable dengan pertumbuhan 13,5% per tahun. Sementara pabrikan piranti sandang lainnya seperti Xiaomi, Fitbit, Huawei, dan Garmin semuanya masuk dalam daftar 5 teratas.

Pabrikan asal China, Xiaomi, yang baru-baru ini merilis Xiaomi Mi Band 3 tercatat sebagai OEM di peringkat kedua setelah Apple. Sementara itu, Xiaomi mengumumkan bahwa hari ini, pre-order untuk Xiaomi Mi Band 3 telah melebihi 600,000 unit dan ini jelas adalah indikasi positif dalam bisnis wearable untuk kuartal berikutnya yang telah dicapai oleh Xiaomi.

Fitbit juga berhasil mempertahankan posisi ketiga, yang kemudian disusul oleh pabrikan Cina lainnya, Huawei yang meraih posisi keempat dan pangsa pasarnya mengalami kenaikan 100% dibandingkan tahun lalu.

Garmin yang relatif kurang dikenal, terjebak di posisi kelima tetapi IDC memprediksi bahwa jika Garmin dapat mengembangkan R&D dan lebih tanggap dalam mengikuti tren saat ini di industry piranti sandang, maka bukan tidak mungkin Garmin bisa menyusul posisi pesaing-pesaingnya.(Nariswari)

Sumber: Gizchina