pulsa-logo

Lebih Dekat dengan Teknologi GPU Turbo di Honor Play


Nariswari

Kamis, 07 Juni 2018 • 14:18

Honor Play


Image: GizChinaImage: GizChina

Hari Rabu (6/6) kemarin, CEO Consumer Business Huawei, Yu Chengdong, mengumumkan peluncuran smartphone gaming perdana, Honor Play. Selain tercipta dengan identitas sebagai smartphone gaming, Honor Play dilengkapi dengan teknologi yang mutakhir yang disebut dengan GPU Turbo. Lalu apa pula yang disebut dengan GPU Turbo?

Teknologi yang disebut dengan GPU Turbo ini sebenarnya adalah teknologi akselerasi pemrosesan grafis yang revolusioner dan pada dasarnya menghadirkan kinerja tinggi, penghematan daya lebih besar, kualitas gambar yang tinggi, dan sanggup untuk menyuguhkan kualitas visual  saat gaming dengan kualitas yang sangat detail dan tajam.

Berbicara tentang GPU Turbo,  Yu Chengdong mengatakan bahwa dalam 10 tahun terakhir, permintaan pemrosesan grafis untuk dihadirkan pada smartphone kekinian terus meningkat dengan pesat. Mulai dari peningkatan resolusinya dari VGA hingga 1080P, dari peningkatan resolusi 2K ke 4K. Pada saat yang sama, kita tidak bisa membendung berkembangnya teknologi AR / VR dan perenderan gambar yang rumit telah menjadi semakin populer.

Kesemuanya ini menuntut spesifikasi dan alat pemrosesan grafis yang sangat tinggi yang mampu memproses gambar dengan kinerja tinggi pada perangkat selular. Saat ini, banyak kendala yang dihadapi oleh pemrosesan grafis karena serangkaian keterbatasan teknis seperti ruang, pembuangan panas berlebih, dan konsumsi daya.

GPU dari platform seluler sangat sulit untuk sepenuhnya sesuai (match) dengan persyaratan grafis yang diinginkan atau dibutuhkan oleh konsumen. Di sinilah GPU Turbo hadir untuk mengatasi berbagai kendala tersebut. Huawei mengatakan bahwa penggunaan GPU Turbo akan  mencapai peningkatan besar dalam efisiensi pemrosesan grafis dan dapat  mengurangi konsumsi daya melalui optimalisasi perangkat lunak dan perangkat keras.

Yu Chengdong menyatakan bahwa GPU Turbo dapat “menerobos” berbagai  hambatan  dalam pemrosesan antara sistem operasi EMUI, GPU, dan CPU sehingga mencapai peningkatan besar dalam efisiensi pemrosesan grafis dari keseluruhan sistem di perangkat seluler.

Menurut data yang terukur secara resmi, GPU Turbo dapat meningkatkan efisiensi pemrosesan grafis hingga 60% dan konsumsi daya SoC sebesar 30%. Hebat, bukan?


Pada saat setelah  peluncuran Honor Play, Huawei menguji untuk menjalankan  beberapa game populer di perangkat Honor Play. Hasil pengujian tersebut membuktikan bahwa GPU Turbo bekerja dengan sangat  baik dan sanggup menyuguhkan kualitas visual yang berkualitas tinggi di smartphone gaming tersebut. (*)

Sumber: GizChina