pulsa-logo

Oppo Siapkan Smartphone Layar Melengkung di Sisi, Akan Rilis Tahun Ini?


Nariswari

Kamis, 07 Juni 2018 • 15:04

Oppo


Ilustrasi, Foto: PULSAIlustrasi, Foto: PULSA

Sebuah informasi terbaru datang dari Oppo, kabarnya perusahaan akan menggarap smartphone generasi mendatang yang memiliki desain layar Edge alias dengan sisi tampilan layar melengkung mirip dengan smartphone Samsung Galaxy  Edge Series.

Hal ini pertama kali diketahui saat terendus kabar bahwa Samsung Display akan memasok komponen layar Edge untuk Oppo. Menurut situs lokal di Korea Selatan, The Bell, sepertinya Samsung akan memasok komponen layar OLED fleksibel yang akan menciptakan tampilan Edge ke produsen smartphone berbasis di Tiongkok itu.

Menurut kabar tersebut, Samsung akan menyediakan panel OLED fleksibel berukuran 6,42 inci ke Oppo mulai bulan ini. Meskipun ini bukan pertama kalinya Samsung memasok komponen display kepada Oppo, namun ini adalah pertama kalinya Samsung Display menjalankan kemitraan dengan Oppo untuk memasok  komponen display fleksibel.

Namun mengingat komponen layar fleksibel kira-kira lima kali lebih mahal dari komponen layar normal, maka kemungkinan besar smartphone Oppo generasi mendatang yang akan didesain berlayar Edge tersebut akan dibanderol cukup mahal. Sebagai gambaran, komponen OLED fleksibel sekitar lima kali lebih mahal, dengan harga  sekitar 100 USD untuk setiap komponen panel. Ini adalah perbedaan harga yang sangat besar dibandingkan dengan komponen layar biasa yang harganya sekitar 20 USD per-panel.

Sementara itu, “Edge” adalah satu ciri khas perangkat Samsung Galaxy high-end  yang memang memiliki ciri khas layar yang melengkung di kedua sisi untuk menghadirkan pengalaman yang lebih mendalam dan imersif bagi pengguna.

"Edge" adalah merek dagang Samsung, sehingga sepertinya Oppo mau tidak mau harus merujuk ke elemen desain layar melengkung tersebut dengan cara yang berbeda, dan tentunya dengan mengusung nama/brand yang berbeda. Tapi apa pun nama yang nanti akan dipilih oleh Oppo, smartphone dengan sisi display melengkung tersebut kemungkinan akan jauh lebih mahal daripada Oppo R15 yang dirilis tahun ini.

Menurut rumor terbaru, smartphone Oppo dengan layar Edge akan diperkenalkan pada awal Juli atau Agustus tahun ini. (*)


Sumber: Android Authority