pulsa-logo

Ini Dia 5 Vendor Smartphone Teratas di Q1 2018


Fauzi

Rabu, 13 Juni 2018 • 14:01

Ini Dia 5 Vendor Smartphone Teratas


Image: TechSinaImage: TechSina

Biro riset pasar, Counterpoint, baru-baru ini mengeluarkan data pengapalan ponsel global untuk Q1 2018.

Dari data yang dikeluarkan Counterpoint, secara global, Samsung berada di posisi teratas dalam hal pengapalan smartphone dan ponsel pada periode tersebut. Untuk kategori smartphone, Samsung berhasil mengapalkan 78 juta unit dari total pengiriman 360 juta unit dan mengamankan 22% pangsa pasar.

Sementara rival terdekat Samsung, yakni Apple berada di posisi kedua setelah mangamankan pangsa pasar 15% yang diraih dengan pengapalan iPhone sebanyak 52,2 juta unit di periode tiga bulanan pertama tahun ini.

Di tempat ketiga ada Huawei (termasuk Honor) yang berhasil mengamankan pangsa pasar 11%, disusul Xiaomi dan Oppo yang masing-masing menempati posisi keempat dan kelima. Xiaomi yang berada di posisi keempat memiliki pangsa pasar 8%, sementara Oppo membuntutinya dengan pangsa pasar 7%.

Secara spesifik, bila mengacu pada data Counterpoint untuk tiap regional, Samsung ter-capture mendominasi. Pangsa pasar vendor asal Korea Selatan ini mengungguli vendor lainnya, terutama di kawasan Eropa, Amerika Latin, dan MEA (Timur Tengah dan Afrika). Di Asia sendiri, Huawei, Xiaomi, Samsung, dan Oppo memiliki pangsa pasar masing-masing 13%, disusul Apple 12% di posisi lima. Sementara Apple terlihat mendominasi kawasan Amerika Utara, dengan pangsa pasar mencapai 38%.

Masih dari data yang dikeluarkan Counterpoint, secara umum pengapalan smartphone global mengalami penurunan 3% dari tahun ke tahun. Dari sisi vendor, Samsung mengalami penurunan pengapalan 3%, sementara Apple ter-capture mengalami pertumbungan pengapalan smartphone 3%. Dari data yang sama, Xiaomi meraih peningkatan pengapalan tertinggi dengan 101%. Selama Q1 2018, Xiaomi berhasil mengirim 27 juta smartphone berbanding 13,4 unit di periode yang sama tahun lalu.

Image: TechSinaImage: TechSina


Adapun bila mengacu pada data pengapalan handset (termasuk smartphone), Samsung tetap berada di posisi teratas dengan pangsa pasar 17% disusul Apple dengan 11%,  Huawei 8%, Xiaomi 6%, dan Oppo 5%. (Ozi)

Sumber: 1, 2