pulsa-logo

Libur Lebaran, Traffic Data Indosat Ooredoo Naik 73%


Hairuddin

Rabu, 20 Juni 2018 • 12:59

Indosat Ooredoo, Trafik Data, Libur Lebaran,


(Foto: Indosat Ooredoo)(Foto: Indosat Ooredoo)

Beragam persiapan dan antisipasi telah dilakukan Indosat Ooredoo demi menjaga kualitas jaringan selama Lebaran. Termasuk memperkuat pemantauan jaringan yang dikendalikan dari Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) sebagai Command Centre, dan fasilitas Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC) yang memantau kualitas layanan aplikasi media sosial. Hasilnya, network Indosat Ooredoo mampu melayani pelanggan dengan baik dan lancar.

Group Head Network Operations Indosat Ooredoo, Umar Hadi, mengatakan “Performansi jaringan Indosat Ooredoo yang sukses dalam melayani kebutuhan telekomunikasi 96,2 juta pelanggan kami selama masa mudik dan libur Lebaran tahun ini merupakan wujud dari upaya yang dilakukan bersama lewat peningkatan kapasitas jaringan, pemantauan kualitas jaringan melalui INOC, pemantauan kualitas layanan melalui ISOC,  serta mengaktifkan Command Center Lebaran”.

 

Indosat Ooredoo mencatat peningkatan traffic tertinggi untuk penggunaan Data adalah pada puncak arus mudik atau bertepatan dengan H-3 Lebaran sebesar 5.338,47 Terabyte/hari, atau naik 49,70% dibandingkan traffic Data reguler pada hari biasa. Sementara itu, penggunaan Data pada hari raya Idul Fitri 1439H sebesar 4,867.58 Terabyte/hari atau meningkat 73.03% dibandingkan tahun lalu. Hal tersebut sejalan dengan tren penggunaan social media yang semakin meningkat, baik sebagai hiburan saat menemani perjalanan mudik maupun untuk berkomunikasi dengan kerabat.  

Berbeda dengan layanan Data, traffic layanan suara dan SMS cenderung turun selama Lebaran 2018. Bila dibandingkan dengan traffic reguler harian biasa, traffic Voice pada hari Lebaran mengalami penurunan menjadi sekitar 153,91 Juta menit, atau turun sekitar 17,37% dan traffic SMS di hari Lebaran menurun menjadi sekitar 137,18 Juta SMS, atau turun 15,11%. Keberhasilan pengiriman SMS antar pelanggan Indosat Ooredoo lebih dari 94,83%  dan 95,32% untuk tingkat keberhasilan pengiriman SMS ke antar operator yang berarti tidak ada permasalahan yang signifikan dalam pengiriman SMS internal jaringan Indosat Ooredoo maupun antar operator walau terjadi  kepadatan jalur pengiriman.