pulsa-logo

Chipset Huawei Kirin 1020 Siap Digarap, Kinerjanya Bikin Melongo


Nariswari

Kamis, 21 Juni 2018 • 20:36

Huawei Kirin, Kirin 1020, Kirin 970


Sumber: GSMArenaSumber: GSMArena

Huawei, sebagai salah satu produsen smartphone terbesar di dunia, memiliki ambisi lain untuk menjadi perusahaan perangkat keras yang tidak bergantung pada pabrikan chipset seperti Qualcomm, MediaTek atau Samsung. Hal ini sangat membantu Huawei, terutama dalam hal menekan harga banderol perangkat, karena mereka sendiri yang memproduksi komponen perangkat tersebut.

Meskipun ini bukanlah hal yang mudah bagi Huawei untuk mencoba bersaing dengan dominasi Qualcomm di pasar prosesor mobile, namun kabar terbaru menyebutkan bahwa Huawei saat ini tengah menggarap line-up terbaru processor Kirin SoC yang dijuluki Kirin 1020.

Satu hal yang cukup mengejutkan bahwa Kirin 1020 diklaim akan memiliki kinerja dua kali lipat lebih kuat dari Kirin 970. Chipset Kirin 970 diklaim oleh Huawei sebagai SoC (System on Chip) kecerdasan buatan pertama di dunia yang dilengkapi Neural Processing Unit. Neural Processing Unit sendiri digunakan untuk pembelajaran mesin dan aplikasi AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan.

 

Kirin 970 juga merupakan chipset pertama di dunia yang mendukung konektivitas LTE Cat.18 DL dan Cat.13 UL yang memiliki kecepatan downlink puncak 1.2Gbps. Sebuah tonggak baru telah dicapai untuk menunjukkan bahwa Huawei Kirin SoC untuk tetap kokoh berada dalam posisi terdepan dalam industri komunikasi nirkabel LTE-A-Pro. Lalu, bisakah Anda bayangkan jika kehebatan dari Kirin 970 tersebut digandakan?

Menurut keterangan yang berasal dari sumber di dalam rantai pasokan komponen Huawei, perusahaan teknologi raksasa yang bermarkas di China tersebut kabarnya sedang bersiap-siap meluncurkan chip Kirin 1020,  yang kemudian akan meluncur segera setelah jaringan 5G pertama resmi diluncurkan.

Sayangnya, sejauh ini belum ada rincian spesifik lain yang diungkapkan dari nara sumber tersebut. Begitu produksi massal Kirin 1020 siap, maka chipset tersebut kemungkinan akan mulai diadopsi oleh perangkat Huawei generasi mendatang. (Nariswari)


Sumber: GSMArena via Anzhuo