pulsa-logo

Target Penjualan 350 Juta Smartphone Samsung Bakal Meleset?


Nariswari

Sabtu, 23 Juni 2018 • 20:44

Samsung, Target Samsung, Samsung Galaxy S9, Samsung Galaxy S8, Samsung Galaxy Note 9


Samsung Galaxy S9 (Foto: PULSA)Samsung Galaxy S9 (Foto: PULSA)

Sebuah kabar yang kurang menggembirakan datang dari Samsung. Mulanya, pabrikan smartphone raksasa ini telah menetapkan target pengiriman smartphone sebanyak 320 juta unit di seluruh dunia sepanjang tahun ini. Namun tingginya angka pre-order dari Galaxy S9 dan Galaxy S9 + pada kuartal pertama 2018, tampaknya telah memacu Samsung untuk menaikkan targetnya menjadi 350 juta unit. Dengan target sedemikian tinggi, tentu adalah hal yang sangat berani dan spekulatif. Pasalnya peta persaingan di bisnis smartphone global saat ini memang sangatlah ketat.

Namun, menurut prediksi dari narasumber dalam industri, raksasa teknologi yang berbasis di Korea Selatan tersebut tidak akan dapat mencapai tujuan ambisiusnya tersebut. Ada banyak faktor yang menjadikan target Samsung tersebut tidak akan tercapai. Salah satunya adalah karena dampak penetrasi pasar yang sangat  agresif dari vendor smartphone asal China.

Pesatnya bisnis smartphone di China, menjadikan pengiriman smartphone Samsung di negara tirai bambu tersebut menyusut dari 20% pada tahun 2013 menjadi hanya di bawah 1% pada tahun 2017 lalu. Sangat menyedihkan!

Hal ini dikarenakan konsumen di pasar global termasuk China memiliki begitu banyak pilihan dari smartphone besutan China yang inovatif, gres, berspesifikasi mumpuni dan harganya jauh lebih murah dibandingkan harga smartphone Samsung. Seperti misalnya  Xiaomi, Huawei, Oppo dan Vivo.

Alasan terbesar kedua adalah terkait dengan penurunan penjualan Samsung Galaxy S9 dan S9+ di tahun ini. Jumlah total Galaxy S9 dan variannya yang dikapalkan tahun ini, diperkirakan tidak lebih dari 30 juta unit. Ini adalah rekor pengiriman terendah untuk line-up smartphone high-end Samsung Galaxy S sejak diluncurkan tahun 2012.

Namun Samsung tentu tidak akan tinggal diam begitu saja. Mereka masih memiliki harapan besar dengan peluncuran Samsung Galaxy Note 9 yang akan dijadwalkan dalam waktu dekat. Bisa saja, lahirnya Galaxy Note 9 akan membuat nama sang perusahaan kembali melambung. Mampukah Samsung membalikkan keadaan? Mari kita tunggu saja kabarnya dalam beberapa bulan ke depan. (Nariswari)

Sumber: Theinvestor via GSMArena